Melestarikan Hewan Langka (Halaman 92, 93)

Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama. Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi. Tulis apa saja yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.

Presentasikan hasil yang telah kamu tulis dalam kelompok.

Baca teks berikut.

Lestarikan Hewan Langka.

Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:

Melakukan penangkaran hewan langka.

Mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:

  • Menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
  • Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

Jawab pertanyaan berikut.

Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka? 

Jawaban: Karena hewan langka jumlahnya sudah sedikit sehingga perlu dilestarikan, jika tidak hewan tersebut dapat punah.

Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah? 

Jawaban: Apabila terdapat hewan punah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan di dalam ekosistem tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka? 

Jawaban: Kita dapat menghimbau kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menjaga agar hewan tidak mengalami kepunahan.

Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka. 

Jawaban: Manfaat melestarikan hewan langka berarti melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka? 

Jawaban: Sebagai warga negara yang baik kita wajib ikut dalam menjaga alam sekitar. Contohnya ialah hewan yang punah. Kita harus berusaha untuk mencegah kepunahan supaya alam kita masih terjaga dan menjaga keanekaragaman flora dan fauna.

Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan? 

Jawaban: Jika kewajiban warga negara dalam pelestarian hewan langka tidak dilaksanakan maka hewan akan mengalami kepunahan dan keragaman fauna akan berkurang.

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3

Powered by Blogger.