Harimau Masuk Desa, Warga Cemas (Halaman 71)

Harimau Masuk Desa, Warga Cemas

Beberapa minggu belakangan ini, warga Desa Badung hidup dalam kecemasan. Hal ini terjadi karena beberapa kali terlihat beberapa ekor harimau masuk ke area pemukiman warga. Desa Badung memang terletak tak jauh dari hutan. Harimau-harimau tersebut memang belum mengganggu warga. Mereka hanya berkeliaran, seperti sedang mencari makan. Warga Desa Badung berupaya mengamankan ternak peliharaan mereka. Ketika malam tiba, warga pun bergantian melakukan ronda untuk menjaga agar harimau-harimau tersebut tidak mengganggu.

Sesungguhnya, apa yang terjadi pada warga sudah lebih dahulu dirasakan oleh harimau-harimau penghuni hutan tersebut. Warga memang sering masuk ke hutan dan melakukan penebangan hutan untuk memperluas ladang kopi mereka. Tentu saja hal ini mengakibatkan habitat hewan hutan semakin sempit. Hak hidup hewan yang menjadi penghuni hutan terganggu. Pohon-pohon yang menjadi sumber makanan hewan-hewan kecil dirusak. Akibatnya hewan-hewan kecil tersebut mencari makan di tempat lain. Nah, hewan besar seperti harimau yang memangsa hewan kecil pun kehilangan hak-nya untuk mencari makan di habitatnya sendiri. Naluri untuk meneruskan kehidupanlah yang membuat harimau-harimau tersebut kemudian mencari makan ke tempat lain. Itulah sebabnya harimau pun masuk ke Desa Badung.

Jika demikian, apakah harimau yang mengganggu hak hidup warga Desa Badung atau justru warga Desa Badung yang mengganggu hak hidup harimau di hutan? Manusia di karuniai akal, budi pekerti, dan kebijaksanaan. Sudah seharusnya manusialah yang memahami kewajibannya untuk menjaga hak hidup makhluk lain di sekitarnya, termasuk harimau.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang dilakukan warga terhadap hutan? 

Jawaban: Warga  melakukan penebangan hutan untuk memperluas ladang kopi mereka,

2. Apa yang terjadi dengan harimau? 

Jawaban: Harimau yang memangsa hewan kecil kehilangan haknya untuk mencari makan di habitatnya sendiri.

3. Apa yang terjadi dengan penduduk desa ketika harimau masuk ke desa? 

Jawaban: Warga Desa Badung berupaya mengamankan ternak peliharaan mereka dengan cara bergantian melakukan ronda untuk menjaga agar harimau-harimau tersebut tidak mengganggu.

4. Mengapa harimau masuk ke desa? 

Jawaban: Harimau masuk kampung untuk mencari makan karena di hutan hewan kecil pergi dari hutan.

5. Setujukah kamu dengan warga yang menebang kayu di hutan? Mengapa? 

Jawaban: Tidak setuju karena hutan sebagai habitat hewan-hewan tidak boleh dirusak.

6. Apakah yang dilakukan warga melanggar hak-hak hewan? Jelaskan! 

Jawaban: Ya warga melanggar hak hewan untuk mendapatkan makananya di hutan tempatnya tinggal.

7. Apakah yang dilakukan penebang pohon juga melanggar hak-hak masyarakat sekitar? Jelaskan!

Jawaban: Ya karena warga sekitar juga berhak mendapatkan lingkungan yang mendukung kehidupan. Dengan adanya hutan warga tidak kekurangan air bersih, namun ketika hutan gundul air sulit ditemukan.

8. Jika kamu menjadi warga tersebut apa yang akan kamu lakukan? 

Jawaban: Sebaiknya sebagai warga harus menjaga kelestarian hutan, jika ingin memanfaatkan hutan harus dilakukan dengan cara yang bijak.

9. Apa kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh warga? 

Jawaban: Kewajiban warga adalah menjaga kelestarian alam salah satunya adalah hutan. Hutan harus dijaga agar tidak rusak. Jika hutan rusak maka kerugian juga akan dialami oleh warga.


Powered by Blogger.