Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah (Halaman 104)

Masalah sampah menjadi masalah yang umum dihadapi masyarakat di kota atau daerah mana pun. Berita berikut menyajikan upaya seorang pemimpin daerah untuk mengatasi sampah.


Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah
 
Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah.

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Sumber: kotabogor.metropolitan.id

*** 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?
Jawab : Kelurahan Babakanpasar, Kota Bogor.

2. Apa masalah yang dihadapi?
Jawab : Masalah Kebersihan Lingkungan terutama masalah sampah.

3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?
Jawab : Pemerintah Kota Bogor meluncurkan grakan Gerakan Pungut Sampah.

4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?
Jawab : Karena masalah sampah bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang

5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?
Jawab : Jika masalah sampah dapat trratasi lingkungan indah dipandang dan  warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit.

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Revisi 2017
Powered by Blogger.