Kelas 6 Tema 8 Subema 1 Pembelajaran 4

Pembelajaran 4
Kelas 6 Tema 8 Subema 1 - Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya


Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini

---------------
Halaman 29
---------------

Sore itu, Alan sedang membaca berita tentang sebuah sekolah untuk anak jalanan

Berita tersebut disajikan setelah halaman ini
1. Bacalah judul berita tersebut. Perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan
2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini


Perkiraan Informasi

Sekolah Anak Jalanan 


REPUBLIKA.CO.ID, Usia mereka boleh jadi tidak lebih dari 10 tahun. Namun, kulit mereka telah melegam terpanggang. Telapak kaki mereka mengeras dan terkelupas. Bermodalkan sandal jepit yang menipis, mereka melompat dari satu bus ke bus lain, dari satu angkot ke angkot berikut. Dengan menadahkan tangan seraya menyuguhkan wajah iba, mereka berharap mendapat sekeping Rp500,00 atau syukur-syukur selembar Rp2.000,00.

Mereka inilah yang sejak kecil telah berpredikat sebagai anak jalanan. Di usia dini, mereka telah melakoni profesinya masing-masing. Ada yang mengamen, memulung, hingga menyemir sepatu. Tidak inginkah mereka menikmati masa kecil dan belajar seperti anak-anak yang lain? 

Jauh dari ingar bingar jalan raya dan tersembunyi di kawasan Plumpang, Rawa Badak, Jakarta Utara, anak-anak jalanan itu ternyata bersekolah. Salah satu lembaga sosial yang peduli terhadap nasib anak jalanan dan anak kurang mampu adalah Yayasan Himmata. Di yayasan ini, 400 lebih anak jalanan mengenyam pendidikan secara cuma-cuma. 

Menurut Sarkono, Ketua Yayasan Himmata, yayasan terbentuk sejak tahun 2000 dan merupakan lembaga sosial masyarakat yang bersifat independen dan nirlaba. Pada 2004 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata yang terletak di tengah lingkungan masyarakat kumuh disahkan.

PKBM Himmata hampir serupa dengan sekolah formal. Tak hanya dari seragam, jam belajar pun hampir sama dengan sekolah formal kebanyakan dan berlangsung selama lima hari dalam seminggu. Karena PKBM Himmata hampir sama dengan sekolah formal, mereka membutuhkan pengajar yang tetap tidak hanya suka relawan. Saat ini PKBM Himmata memiliki sekitar 30 pengajar tetap dengan bayaran tak lebih dari Rp300 ribu, jauh dari kata sejahtera. 

Namun, mendapatkan bayaran bukanlah tujuan utama menjadi pengajar di sini. Mohamad Anwar, misalnya, ia mengaku mau menjadi pengajar selama lebih dari 10 tahun karena tuntutan hati nurani untuk memberi ilmu kepada anak bangsa. 

Mengajar anak jalanan itu susah-susah gampang. “Kalau didasari keikhlasan, bukan orientasi mengajarnya karena materi istilah susah itu nggak ada,” ujar Mohamad Anwar guru mata pelajaran Sosiologi dan Pendidikan Agama Islam. 

Secara fisik, bangunan PKBM Himmata memang memenuhi syarat, namun nasib pengajar masih kurang perhatian dari donatur. “Kita ini manusiawi, memang perasaan itu ada, namun sumber rezeki tidak hanya di sini saja, tapi di luar masih ada. Yang penting terus tawakal,” kata dia. 

Sumber : http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/11/27/mwwszi-inilah-sekolahuntuk-anak-jalanan

---------------
Halaman 31
---------------

Setelah membaca artikel koran yang berjudul "Sekolah Anak Jalanan" lengkapi format di bawah ini dan bandingkan dengan format yang sebelumnya kamu isi sebelum membaca artikel. Apakah ada perbedaan? Jelaskan Jawabanmu

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul "Sekolah anak jalanan"


Penjelasan tentang sebelum dan sesudah membaca artikel :

Hanya ada sedikit perbedaan antara sebelum dan sesudah membaca artikel, lebih banyak persamaannya, hal ini dikarenakan judul bacaan artikel sesuai dengan isi dari bacaan artikel. Judul juga masih sesuai dengan pokok-pokok pikiran tiap paragraf. Yang membuat sedikit perbedaan sebelum dan sesudah membaca artikel adalah dari kalimat pengembangnya/gagasan pendukung, dan juga dari pemahaman pembaca

-------------------------------------------------


Dari cerita tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata, kita menjadi tahu bahwa ada orang yang rela bekerja keras agar setiap anak Indonesia memperoleh pendidikan. Hampir setiap hari, kamu dan temantemanmu pergi ke sekolah untuk belajar. Bagi beberapa anak Indonesia, kesempatan untuk bersekolah tidak mudah didapat. Supaya kegiatan bersekolah memberi manfaat bagi kehidupanmu kelak, kewajiban-kewajiban apa yang perlu kamu laksanakan? Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang. Diskusikan lima kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang pelajar. Tuliskan hasil diskusi kelompok dan sajikan dalam bentuk karya seperti berikut.

------------------
Halaman 32-33
------------------

Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang. Diskusikan lima kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang pelajar. Tuliskan hasil diskusi kelompok dan sajikan dalam bentuk karya seperti berikut.

Kewajiban sebagai seorang pelajar
(damaruta.com)





Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
Anggaplah kewajiban yang kamu tulis pada kegiatan di atas sebagai janji yang harus dipenuhi.

1. Jelaskan mengapa kamu memilih janji tersebut?
Dengan mentaati peraturan sekolah, akan tercipta keteraturan dan suasana nyaman dalam sekolah. Saat keteraturan tercipta, maka tujuan bersama yang ingin dicapai semua pihak sekolah lebih mudah tercapai.

Apakah janji itu akan memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikanmu?
Ya, janji mentaati peraturan sekolah memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikan saya

2. Apakah kewajiban yang kamu tulis merupakan hal yang harus kamu lakukan? Jelaskan
    jawabanmu!

Ya, Kewajiban yang saya tulis merupakan hal yang harus saya lakukan. Karena manfaat yang diperoleh sangat banyak, baik manfaat untuk diri sendiri maupun manfaat untuk orang lain

3. Apakah melaksanakan kewajiban akan memberikan manfaat bagimu? Mengapa?

Ya, memberikan manfaat bagi saya, karena dengan melaksanakan kewajiban, maka :

  • Melatih saya untuk mempunyai sikap tanggung jawab
  • Hidup lebih bermakna, karena dengan melaksanakan kewajiban saya telah menjadi pribadi/individu yang bermanfaat bagi yang lain
  • Mudah dipercaya orang lain
  • Disegani orang lain
  • Hati/perasaan lebih tenang dan tentram

4. Apa yang bisa kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Bahwa melaksanakan kewajiban itu sangat menguntungkan dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. 

Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari kegiatan tersebut?

Nilai kejujuran
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, dan tindakan

Nilai toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan orang lain yang berbeda dari diri sendiri

Nilai disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan

Nilai mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas

Nilai kepedulian
Sikap dan tindakan selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain dan yang membutuhkan

Nilai cinta tanah air
Sikap dan perilaku yang menunjukkan kepedulian, penghargaan dan kesetiaan yang tinggi terhadap bahasa, sosial, budaya serta lingkungan fisik sekitar

Nilai kebangsaan
Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bersama/ kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi

-------------------------------------
Halaman 35
-------------------------------------

Dari informasi yang kamu dapatkan dari teks di atas, buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Thailand. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber yang lain.


Masih ingatkah kamu informasi tentang negara tetangga kita Singapura? Mari kita cari informasi tentang negara tetangga lainnya yaitu Thailand dan Vietnam.

Thailand 

Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu dataran rendah, pegunungan, pegunungan kapur, dan Tanah Genting Kra. Bagian utara dan barat wilayah Thailand merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara. Bagian tengah wilayah Thailand berupa dataran rendah. Sungai utama di Thailand adalah Sungai Chao Phraya, Sungai Chi, dan Sungai Mun. Negara Thailand beriklim tropis. 
1. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Daerah ini merupakan daerah subur. 
2. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Gunung tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.576 m). 
3. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato. 
4. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan.

Ibu kota : 
Bangkok Luas : 513.115 km2 
Kelompok etnis terbesar : Thai, Tionghoa, Melayu Bahasa : 
Thai Lagu kebangsaaan : Pheng Chart Thai 
Agama : Buddha 
Pemerintahan : Kerajaan 
Kepala Negara : Raja 
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri 
Satuan Mata Uang : Baht 

Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Laos, sebelah timur dengan Kamboja, sebelah selatan dengan Malaysia, sebelah barat dan barat daya berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman. Dari informasi yang kamu dapatkan dari teks di atas, buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Thailand. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber yang lain.




Peta Pikiran Thailand :
Damaruta.com - Peta Pikiran Negara Thailand

Negara Thailand memiliki kondisi alam yang berbeda dengan negara Singapura. Bagaimana dengan negara tetangga lainnya?

Ayo, kita baca informasi tentang negara Vietnam.

Vietnam 
Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km2. Daerahnya terdiri atas bukitbukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka.



Peta Pikiran:
Damaruta.com - Peta Pikiran Negara Thailand


----------------------------------
Halaman 36
----------------------------------



Bandingkan kondisi alam Thailand dan vietnam.
Carilah persamaan dan perbedaannya. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk tulisan dua paragraf. Paragraf pertama berisi informasi tentang persamaan dan paragraf kedua berisi tentang perbedaan. Tentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap paragraf.


Negara Thailand dan negara Vietnam merupakan anggota ASEAN. Kedua negara sama-sama terletak di kawasan Asia Tenggara, dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Dengan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang perdana menteri. Kedua negara juga mempunyai laut yang juga menjadi batas wilayah dengan negara lain. Tanah kedua negara merupakan tanah yang subur, yang menyebabkan kedua negara merupakan salah satu negara-negara penghasil beras terbesar di kawasan ASEAN

Negara Thailand dan Vietnam adalah dua negara yang berbeda. Perbedaan antara negara Thailand dan Vietnam diantaranya adalah bentuk geografis dan demografis. Thailand mempunyai tanah genting (daratan kecil yang menghubungkan dua daratan dan dibatasi oleh perairan/laut), sedang Vietnam tidak mempunyai tanah genting. Bentuk pemerintahan Thailand adalah kerajaan, sedang bentuk pemerintahan Vietnam adalah Republik Sosialis.



------------------
Halaman 39
------------------
Buatlah satu kartu informasi untuk setiap bidang kerjasama dan presentasikan kartu informasimu di depan kelas.

Damaruta.com - Kerjasama ASEAN bidang Ekonomi dan Bidang Politik




1. Hal-hal penting apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Apakah menurutmu organisasi ASEAN penting bagi Indonesia?
3. Pengalaman organisasi apa yang pernah kamu ikuti?


Kerja Sama dengan Orang Tua Diskusilah dengan orang tuamu, seandainya keluargamu diberi kesempatan untuk mengunjungi salah satu negara tetangga. Negara mana yang akan keluargamu pilih? Jelaskan alasannya! 

Powered by Blogger.