Kesimpulan dari Teks Bacaan "Daun Pandan yang Wangi" (Halaman 152)

Tumbuhan di Indonesia banyak dimanfaatkan sebagai pewarna. Kunyit digunakan sebagai bahan pewarna apabila kita membutuhkan warna kuning. Tanaman bit menghasilkan warna merah. Warna hijau dapat diperoleh dari sawi dan pandan. Tahukah kamu, bahwa selain menghasilkan warna hijau, pandan juga memiliki aroma yang wangi? Ayo, baca teks berikut dalam hati.

Daun Pandan yang Wangi 

Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.

Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

***

Buatlah kesimpulan dari teks di atas. 

Daun pandan adalah tanaman yang tumbuh di Indonesia, Thailand dan Vietnam. Daun pandan berwarna hijau dengan daun berbentuk pita, tipis, licin, memiliki panjang sekitar 40 – 80 cm dan lebar sekitar 3 – 5 cm, dan runcing. Daun pandan sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah oleh masyarakat. 

Tukarkan kesimpulanmu dengan temanmu. Berilah komentarmu pada kesimpulan temanmu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu

Powered by Blogger.