Ulangan Harian Tema 2 Sub Tema 2

Tema         : 2 (Peristiwa Dalam Kehidupan)                          Kelas       :  V (lima) Sub tema : 2 (Peristiwa – peristiwa Penting)                       Waktu     :  60 menit
A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.2) 1. Salah satu perilaku yang mencerminkan kewajiban murid dalam melestarikan sumber air di lingkungannya adalah … .
         a. menggunakan air secara berlebihan c. melakukan penghijauan
         b. mencuci pakaian setiap hari                       d. menebang pohon
2. Mendapatkan kasih sayang dari orang tua,merupakan salah satu contoh hak anak yang diperoleh di lingkungan … . 3. Antara hak dan kewajiban harus dijalankan secara … . 4. Sebutkan 3 hak yang diperoleh murid di sekolah !
B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar !  B.1 (KD 3.2)
        Bacalah teks di bawah ini !
                  Tahukah kamu dari mana asalnya air yang kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Air yang kita pakai untuk keperluan sehari-hari itu berasal dari berbagai sumber, yaitu air yang berasal dari tetesan air hujan, air tanah, dan juga dari berbagai badan air di bumi ini. Air di bumi ini berubah wujud secara berulang-ulang dengan atau tanpa kita sadari. Proses perubahan wujud air ini terjadi dalam sebuah daur yang disebut dengan daur air.
5. Teks bacaan di atas menguraikan tentang … .
        a. manfaat air c. terjadinya hujan
        b. daur air d. penguapan air
6. Berkurangnya volume atau jumlah air dapat terjadi karena tingginya proses penguapan.
         Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban seperti kalimat tersebut di atas adalah … .
         Bacalah paragraf di bawah ini !
      Air   hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan perakaran tumbuhan. Oleh karenanya, manusia biasa memanfaatkannya menggali lubang untuk membuat sumur.
7. Berdasarkan paragraf di atas,yang dimaksud dengan air tanah adalah … . 8. Buatlah masing – masing satu kalimat yang pada bagian kalimat tersebut menggunakan kata daur air,air bersih,dan air tanah ! B.2 (KD 3 4) 9. Pandai sungguh meniup bambu Lagu mengalun mengusir lelah … . Hidup sebagai bangsa terjajah
Isian yang tepat untuk melengkapi baris ke tiga pada pantun di atas adalah … .
        a. Sungguh hati terasa pilu c. Mata ini menatap sayu
        b. Langit masih berwarna biru d. Sungguh enak dengarkan lagu
10. Baris 1 dan 2 pada pantun disebut dengan … . 11. … Punai berlari di atas awan Penjajah mengambil segala yang ada Yang tertinggal hanya kesengsaraan Kalimat yang tepat untuk melengkapi baris pertama pada pantun di atas adalah … . 12. Bacalah pantun di bawah ini ! Bintang malam terang berpijar Memberi arah di kegelapan Semua anak boleh belajar Menimba ilmu pengetahuan
       Jelaskanlah isi atau pesan yang terdapat pada pantun di atas !

C. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.3) 13.  24  = 0,8 x … . Bilangan yang tepat untuk mengisi pengerjaan hitung pada soal  di atas adalah … .
        a. 10 c. 30
        b. 20 d. 40
14. Beni diminta oleh ayahnya untuk menghitung jumlah kursi yang diperlukan dalam acara hajatan di rumahnya. Saat itu terdapat 16 meja yang disediakan untuk para tamu. Jika tamu yang diundang berjumlah 112 orang,maka banyaknya kursi tiap meja adalah … . 15.  Volume air di sebuah wadah adalah 6.000 L, dan kecepatan air keluar dari wadah itu adalah 8 liter per-menit. Waktu yang diperlukan  agar seluruh air itu habis mengalir keluar dari wadah tersebut adalah … jam. 16. Di sebuah rumah yang berpenghuni lima orang, terdapat  60 botol air minum yang masing-masing berisi 12  liter. Jika setiap orang di rumah itu memerlukan air minum sebanyak 2 liter setiap hari, dalam berapa harikah air yang tersedia di rumah itu akan habis? 
D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.5) 17.  Perubahan air menjadi uap air karena panas matahari atau dipanaskan di atas api dan angin disebut dengan … . a. pendinginan c. pembakaran b. penguapan d. pengembunan 18.  
    
        Gambar di atas menjelaskan proses terjadinya … .
19.  Awan terbentuk saat uap air mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik – titik air.Proses ini disebut dengan … .
20. Sebutkan 3 peristiwa perubahan wujud air pada proses daur air !

E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2)
21.  Tokoh di bawah ini yang berjuang di bidang pendidikan pada masa penjajahan adalah … 
a. Pangeran Diponegoro c. Ki Hajar Dewantoro
b. Pattimura d. Supriyadi
22.  Pendidikan pada masa penjajahan sangat dibatasi hanya untuk kalangan tertentu saja yang bisa mengenyam pendidikan. Hal ini dilakukan oleh penjajah  dengan tujuan …… .
23.  Pada masa  penjajahan Belanda mayoritas masyarakat yang bekerja sebagai petani dipaksa untuk menanam jenis tanaman tertentu seperti pala dan cengkeh, Kegiatan seperti ini disebut dengan istilah … .
24. Sebutkan 3 dampak penjajahan di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial bagi masyarakat Indonesia!

F. Selesaikan  soal - soal di bawah ini dengan  benar !
F.1(KD 3.1)
25. Cerita bergambar yang dirangkai menurut urutan waktu dan menceritakan tentang suatu hal disebut … .
a. poster c. cerpen
b. komik d. iklan
26. Dalam seni tari perlu diperhatikan perpaduan desain dan pola yang disusun menjadi sebuah bentuk yang memiliki warna,kekhasan,gaya yang khas dari … .
27. Dalam membuat komik,langkah yang pertama kali dilakukan adalah … .
28. Sebutkan 3 prinsip penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan karya tari !
F.2 (KD 3.2)
29. Harmonisasi musik dapat terbentuk meskipun hanya menggunakan alat musik ritmis.Berikut ini contoh alat musik ritmis kecuali … .
a. gitar                                                                      c. triangle
b. marakas d. tamborin
30. Alat musik ritmis yang berupa lingkaran logam dan permukaannya dilapisi kulit adalah … .
31. Alat musik ritmis triangle dibunyikan dengan cara … .
32. Jelaskan apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis !
Powered by Blogger.