Ulangan Harian Tema 2 Sub Tema 1

Tema          : 2 (Peristiwa Dalam Kehidupan)                          Kelas       :  V (lima)
Sub tema : 1 (Macam2 Peristiwa Dalam Kehidupan)         Waktu    :  60 menit

A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.3) 1. Apabila dalam masyarakat tidak terjalin toleransi antara orang satu dengan yang lain,maka akan timbul … .
        a. kerukunan c. rasa persaudaraan
        b. permusuhan d. saling berbagi
2. Salah satu bentuk perilaku masyarakat perdesaan sebagai bentuk rasa kebersamaan yang hingga kini masih ada adalah … . 3. Dalam mengambil sebuah keputusan, cara yang hendaknya dilakukan adalah melalui jalan … . 4. Sebutkan 3 perilaku masyarakat yang berdampak positip bagi kehidupan dengan sesamanya !
B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.2) 5. Bagian akhir sebuah laporan biasanya berisi tentang … .
         a. topik laporan c. nama narasumber
         b. hasil laporan d. kesimpulan
6. Manusia menggunakan air untuk berbagai keperluan. Para petani menggunakan air untuk membantu tanamannya tumbuh dan berkembang dengan baik. Para nelayan menggunakan air untuk keperluan budidaya perikanan. Air digunakan sebagai pembangkit listrik untuk keperluan sehari-hari. Air juga digunakan sebagai sarana transportasi.
         Topik yang dibicarakan pada paragraf di atas adalah … .
7. Para petani sebagian besar memanfaatkan air permukaan untuk keperluan irigasi.
        Arti kata yang diberi garis bawah pada kalimat di atas adalah … .
8. Buatlah 3 contoh kalimat yang menggunakan kata “industri” !
C. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.3) 9. Aku adalah sebuah bilangan genap.Jika aku ditambahkan dengan 25 hasilnya menjadi 49.Aku adalah bilangan … .
        a. 10 c. 24
        b. 12 d. 26    
10. Minggu yang lalu harga 1 kg telur Rp 16.000,00.Sekarang,harga 1 kg telur menjadi Rp 20.000,00.Besarnya persentase kenaikan harga telur adalah … . 11. 36 : 3 = 2 x … . 12. Minggu yang lalu,ibu membeli lima potong tempe masing – masing dengan harga Rp.2.000,00.Kemarin harga per potong tempe telah menjadi Rp 3.000,00.Berapa persenkah kenaikan harga tempe tersebut ?
D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.6) 13. Kegiatan di sekolah yang membutuhkan air adalah … .
        a. memasak c. mencuci pakaian
        b. mandi d. menyiram tanaman
14. Agar ketersediaan air tetap terjaga,maka dalam menggunakannya harus bersikap … . 15. Jika di sekolah tidak ada air,maka hal yang mungkin terjadi adalah … . 16. Sebutkan 3 kegiatan di sekolah yang membutuhkan air !
E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.1) 17. Empek – empek adalah makanan khas yang berasal dari … .
        a. Palembang c. Padang
        b. Makasar                                                         d. Yogyakarta
18. Tempat terjadinya kegiatan produksi disebut … . 19. Salah satu dampak negatif dari berdirinya pabrik di bidang pertanian adalah … . 20. Sebutkan 3 dampak positip dari adanya pembangunan  industri !
F. Selesaikan  soal - soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.1) 21. Arti kata proporsi dalam seni rupa adalah … .
        a. kesamaan c. keseimbangan
        b. kemiripan d. keterkaitan
22. Perpaduan warna – warna yang dipilih dalam sebuah gambar sangat dipengaruhi oleh … . 23. Agar dalam menggambar menghasilkan karya yang sama dengan benda sebenarnya maka kita harus menerapkan prinsip … . 24. Jelaskan pengertian komposisi dalam sebuah gambar !
Powered by Blogger.