Menyikapi > Usaha Manusia untuk Memenuhi Kebutuhan (Hal. 78)

Berbagai cara dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada yang bekerja di pabrik, menjadi pengusaha, sopir, atau berdagang. Setiap orang bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Sikapku terhadap usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya:
  • Menghargai setiap jenis pekerjaan yang tidak merugikan orang lain. Jadi sebagai orang yang sama-sama bekerja,sama-sama cari makan dari kerjaan kita alangkah baiknya kita saling menghargai dan menghormati apapun jenis pekerjaan orang itu.
  • Menganggap bahwa setiap pekerjaan itu mulia, asalkan pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang baik yang tidak melanggar norma agama dan hukum. Karena pekerjaan tersebut memiliki manfaat. 
  • Tidak meremehkan pekerjaan orang lain, Diantara jenis pekerjaan tersebut, mungkin ada jenis pekerjaan yang terlihat sederhana, seperti tukang sapu, loper koran, tukang semir sepatu dan pengamen. Jenis pekerjaan tersebut sekalipun terlihat sederhana tetapi sangat besar manfaatnya bagi orang yang membutuhkan jasanya.
  • Menganggap bahwa orang bekerja merupakan amal ibadah dan bernilai pahala. Setiap pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, dan terhindar dari sikap meminta-minta merupakan sebuah amal ibadah yang mulia.
Powered by Blogger.