Latihan Kecepatan dan Kelincahan Gerak

Latihan kecepatan dan kelincahan gerak

Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis atau gerakan-gerakan yang berlainan secara berturut-turut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Atau, kemampuan untuk menempuh suatu jarak tertentu dalam waktu
yang sesingkat-singkatnya.

1. Latihan berangkai 4 pos

Latihan berangkai dapat membina dan meningkatkan kesegaran jasmanimu. Kamu pun dapat melatih kecepatan dan kelincahan gerakmu berpindah dari satu pos ke pos berikutnya. Latihan yang disiplin dan teratur akan meningkatkan kecepatan dan kelincahan gerakmu dalam melakukan berbagai macam
gerakan. Pada latihan ini ada empat pos yang harus kamu lalui dengan cepat dan lincah dalam waktu singkat. Untuk menghitung kecepatanmu, kamu bisa menggunakan stopwatch. Semakin sedikit waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan gerakan pada keempat pos, kecepatan dan kelincahanmu semakin bagus.
Jasmanimu semakin segar, kamu semakin sehat dan bugar.

Pos 1: sit up                                   Pos 2: push up

Pos 3: back up                             Pos 4: squat thrust








2. Latihan berangkai 6 pos
Latihan berangkai 6 pos ini juga untuk melatih kecepatan dan kelincahan. Caranya sama dengan latihan berangkai empat pos. Hanya jenis gerakannya yang berbeda.

Pos 1: jalan di tempat 10 kali

Pos 2: lari bolak-balik 5 kali 


Pos 3: naik turun tangga/bangku 5 kali
 
Pos 4: lompat 10 kali
 
Pos 5: squat thrust 5 kali 
 
Pos 6: push up 5 kali



3. Gerakan berangkai 8 pos

Sekarang kamu sudah mempraktikkan latihan kekuatan otot bagian atas. Lalu, juga mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan gerak.Selanjutnya, ayo buat latihan 8 pos secara berkelompok.Silakan praktikkan di hadapan teman-temanmu yang lain.Bagaimana komentar teman-temanmu? Apakah gerakan yang kamu buat juga mengandung latihan otot-otot bagian atas? Apakah latihan yang kamu buat juga memperhatikan keselamatan saat melakukan gerakan? Apakah kamu sudah termasuk anak yang cepat dan lincah dalam melakukan gerakan?
Powered by Blogger.