Halaman 2 - Kegigihan Pak Moedjair

Proses Penemuan Ikan Mujair
 
Ikan Mujair ditemukan oleh Pak Iwan Dalauk atau Pak Moedjair. Ia berasal Desa Papungan, Blitar, Jawa Timur. Hal ini bermula ketika ia tertarik dengan sekelompok ikan laut yang unik, ikan tersebut menyimpan telur di dalam mulut hingga menetas. Anak-anak ikan berada di dalam mulut sampai tiba waktu penyapihan. Pak Moedjair tertarik membudidayakannya di air tawar. Tetapi ikan itu jika dimasukkan ke dalam air tawar, ikan-ikan tersebut mati. Ia berkesimpulan ikan-ikan itu mati karena langsung ditempatkan dalam air tawar.
 
Pak Moedjair kemudian berinovasi*) dengan mencampurnya dahulu dengan air laut. Pak Moedjair kemudian bereksperimen dan terus mencoba tanpa rasa putus asa. Ia membuat berbagai komposisi campuran dengan persentase air laut dan air tawar, secara bertahap persentase air laut dikurangi. Dari berbagai eksperimen ia dapat mengetahui bahwa masa adaptasi ikan air laut di air tawar akan terlewati dengan baik apabila komposisi percampuran air laut dan air tawar dapat dibuat secara tepat dan bertahap, sehingga secara fisik ikan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
 
Setelah beberapa kali mencoba komposisi campuran air laut dan air tawar, ia pun berhasil. Empat ekor ikan yang dibawanya dari laut dapat bertahan hidup di air tawar, hingga bertelur dan ditangkarkan dalam satu kolam. Ikan-ikan tersebut terus berkembang hingga menjadi beberapa kolam. Kemudian ia dengan ikhlas membagikan bibit-bibit ikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, sehingga semakin banyak yang membudidayakannya. Ia akhirnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kediri, dan ikan itu diberi seperti nama penemunya yaitu Pak Moedjair atau Mujair.
 
Berapa kali percobaan yang dilakukan Pak Moedjair untuk menghasilkan apa yang diharapkannya?
 
Tanpa putus asa, Pak Moedjair telah mencoba 11 kali percobaan. Sehingga akhirnya menemukan komposisi campuran air laut dan air tawar yang tepat secara bertahap.
 

Sikap apa yang dapat kamu contoh dari Pak Moedjair dalam melakukan usaha penemuannya? Jelaskan!
 
Semangat wirausaha diperlukan sikap berani dalam menghadapi kegagalan dan perlu memiliki kreativitas.
1. Memiliki sikap berani menghadapi kegagalan
Dalam berwirausaha kesuksesan itu bukan karena tidak pernah gagal dalam meraih impian, tetapi kesuksesan itu karena selalu bangkit dari setiap kegagalan yang dihadapi, dan selalu bangkit dengan gigih dari setiap kegagalan yang dialami kemudian terus melanjutkan impiannya.
2. Memiliki kreativitas
Kreativitas merupakan suatu faktor penting untuk mengatasi kegagalan demi kegagalan yang berujung pada penciptaan semangat wirausaha yang tinggi.
 
 
*) Inovasi adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada.
Powered by Blogger.