Ulangan Harian Tema 2 Sub Tema 3

Tema         : 2 (Peristiwa Dalam Kehidupan)             Kelas       :  V (lima) Sub tema : 3 (Manusia dan Peristiwa Alam)          Waktu     :  60 menit
A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.2 ) 1. Tanggung jawab di rumah sebagai seorang anak salah satunya adalah … .
        a. mencari nafkah c. bermain terus
        b. membersihkan tempat tidur d. meminta uang
2. Peraturan yang berlaku di sekolah harus kita taati dan dilaksanakan dengan tujuan agar … . 3. Akibat yang kita terima sebagai siswa jika melanggar peraturan sekolah adalah  … . 4. Berilah 3 contoh tanggung jawab siswa dalam kehidupan sehari – hari di sekolah !
B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar !  B.1 (KD 3.2)
        Bacalah paragraf di bawah ini !
      Penyebab   utama   menurunnya jumlah air bersih adalah berkurangnya luas hutan secara cepat di berbagai tempat di bumi. Tak ada hutan, tak akan ada air tanah. Saat hujan turun, milyaran serabut akar dari tumbuhan siap menangkap dan menyimpan butiran air. Air itu lalu disimpan di dalam tanah sebagai air tanah. Air tanah itu akan mengalir di bawah permukaan tanah, dan kadang keluar di tempat - tempat tertentu sebagai mata air. Dengan menurunnya jumlah air tanah, maka jumlah air yang terdapat pada sumber-sumber air lain juga akan berkurang.
5. Paragraf di atas menceritakan  tentang … .
        a. manfaat air bagi kehidupan                c. proses terjadinya hujan
        b. penyebab menurunnya air bersih d. penebangan hutan secara liar

Bacalah paragraf di bawah ini !
        Pencemaran udara juga bisa menyebabkan menurunnya kualitas air. Gas sisa buangan pabrik yang mengandung gas beracun terlepas ke udara. Gas tersebut mengandung gas asam yaitu gas yang mengandung senyawa belerang dan nitrogen. Apabila kedua jenis gas tersebut terlepas ke udara dan bereaksi dengan has hydrogen pada proses daur air, maka akan terbentuk hujan asam. Hujan asam bersifat racun bagi tubuh, sehingga tidak dapat diminum. Hujan asam bahkan dapat merusak gedung-gedung, mencemari sungai, danau, dan laut sehingga menyebabkan tanaman dan hewan air mati.
6. Berdasarkan paragraf di atas,hujan asam dapat terjadi apabila … .
        Bacalah paragraf di bawah ini !
Kelangkaan air bersih, saat ini sudah terjadi di berbagai tempat di Indonesia. Semakin lama, semakin banyak sungai dan danau maupun telaga yang mengering. Banyak orang kehilangan sumber air dan juga mata pencahariannya. Meskipun demikian, kesadaran masyarakat untuk menggunakan air dengan hemat dan lebih bijak masih harus terus ditingkatkan. Demikian juga, anjuran untuk menjaga sumber air agar tetap lestari dengan menjaganya agar tidak tercemar limbah industri dan rumah tangga, harus tetap dilakukan. 7. Berdasarkan paragraf di atas,cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kelangkaan air adalah … .
Perhatikan langkah kerja melakukan penyaringan air berikut !
         a. Cuci bersih semua bahan yang akan digunakan, kemudian keringkan. 
         b. Tuangkan beberapa gayung air kotor perlahan melalui botol penyaring.
         c. Buka tutup botol, lalu tempatkan botol air di bak penampungan, secara terbalik. 
         d. Susunlah bahan-bahan yang diperlukan sesuai urutan pada gambar. 
      e. Ambil botol plastik air mineral bekas. Potong bagian dasarnya menggunakan        gunting. Mintalah bantuan orang dewasa untuk memotongnya. 
        f. Secara terus menerus, tuang air kotor tersebut hingga air yang tertampung berubah menjadi lebih jernih.
        g. Letakkan bak penampung di bawah botol untuk menampung air hasil saringan. 

8. Susunlah kembali langkah kerja di atas agar menjadi urutan yang benar ! B.1 3.4 Bacalah syair di bawah ini untuk menjawab soal nomor 9-11 !
Pahlawan Kita Ciptaan WR. Supratman  Tak usahlah kau pandangi terus pintu itu, adikku  Karena ayah tak akan datang lagi  Panggilan hati untuk membela tanah airnya begitu kuat, adikku  Tak hendak ia membiarkan ketidakadilan terus terjadi
9. Maksud dari kata tidak akan datang lagi yang terdapat pada syair di atas mengandung arti … .
        a. pergi tanpa pesan                                   c. pergi lama 
        b. meninggal di medan pertempuran d. pergi untuk berjuang
10. Syair di atas menceritakan  tentang … . 11. Tema yang tepat untuk syair di atas adalah … . 12. Jelaskan pengertian dari syair !
C. Selesaikan soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.3) 13. Diketahui  z x 12 = … .Jika nilai z = 15,maka hasil dari perkalian tersebut adalah … .
        a. 120 c. 160
        b. 140 d. 180
14. Nilai dari 10q – 89,jika diketahui q = 20 adalah … . 15. Nilai dari 2x : 6 jika diketahui x = 12 adalah … . 16. Diketahui nilai x = 26 dan y = 32.
        Hitunglah nilai dari 2x + y !

D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.6) 17. Menurunnya kualitas air antara lain disebabkan oleh hal – hal berikut,kecuali … .
        a. pembuangan sampah c. pembuangan limbah
        b. reboisasi hutan d. pembuatan MCK
18. Salah satu manfaat air sungai yang alirannya deras yaitu untuk kegiatan olah raga … . 19. Untuk memastikan agar ketersediaan air bersih tetap ada,dalam penggunaannya kita harus bersikap … . 20. Sebutkan 3 bahan yang diperlukan untuk membuat alat penjernihan air !
E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2) 21. Pernyataan satu nusa,bangsa dan bahasa diikrarkan oleh para pemuda pada peristiwa … .
        a. Sumpah Pemuda c. Bandung Lautan Api
        b. Rengas Dengklok d. sidang BPUPKI
22. Lagu Indonesia kali pertama diperdengarkan pada peristiwa … . 23. Bangsa Indonesia meskipun berbeda  suku,bahasa,adat istiadat dan agama tetap merasa satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.Hal ini disebabkan karena di dalam jiwa mereka sudah tumbuh semangat … . 24. Sebutkan 3 isi dari Sumpah Pemuda !
F. Selesaikan  soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2) 25. Alat musik tradisional yang dimiliki oleh suku Batak Karo bernama … .
        a. Sasando c. Tifa
        b. Rebab                                                        d. Serunai
26. Untuk lebih menghasilkan bunyi yang enak didenga ,dalam bermain musik secara bersama – sama, harus memperhatikan prinsip … . 27. Alat musik tradisional dari Jawa Barat adalah … . 28. Sebutkan 3 contoh alat musik ritmis !
Powered by Blogger.