Fakta : Pria di Dekat Kereta Listrik Tidak Tersetrum Menggunakan Bluetooth!

Fakta : Pria di Dekat Kereta Listrik Tidak Tersetrum Menggunakan Bluetooth!



Ini adalah contoh lain dari BERITA PALSU yang dibuat dan dibagikan di WhatsApp dan platform media sosial seperti Twitter dan Facebook, dan inilah alasannya…

Fakta #1 : Insiden Terjadi Pada Tanggal 7 Desember 2022

Pertama, izinkan saya mengonfirmasi bahwa video tersebut asli, dan direkam oleh kamera CCTV di stasiun kereta api Kharagpur di Benggala Barat, India, pada 7 Desember 2022.

Itu tidak terjadi pada 16 Desember 2022, seperti yang diklaim oleh pesan viral palsu itu.

Fakta #2 : Pria Itu Seorang Inspektur Tiket Kereta Api

Pria itu bukan penumpang kereta yang memakai earphone bluetooth. Dia adalah seorang pemeriksa tiket – tepatnya Pemeriksa Tiket Kereta Api (TTE).

Tidak disebutkan tentang pemeriksa tiket yang memakai headphone atau earphone dalam bentuk apa pun dalam laporan kejadian. Selama dia bekerja, dia tidak akan memakai earphone apapun, apalagi earphone Bluetooth.

Fakta #3 : Dia Ditabrak Kabel Langsung yang Jatuh

Saat inspektur tiket sedang berbicara dengan orang lain, kabel listrik yang bersentuhan dengan kabel langsung Overhead Equipment (OHE) menimpanya.

Dia tersengat listrik oleh kabel yang longgar itu, dengan percikan api keluar dari sepatu dan kepalanya. Inspektur tiket jatuh ke belakang ke rel kereta saat orang lain lari ketakutan.

Untungnya, tidak ada kereta yang lewat, dan setelah beberapa detik, penonton (yang mungkin terpana) datang membantunya. Ajaibnya, pria itu dibawa ke rumah sakit, dan selamat hanya dengan luka bakar!

Jika Anda melihat videonya dengan saksama, Anda dapat melihat kabelnya saat menyala saat menyentuh kepala petugas tiket.

Apakah Pria yang Menggunakan Bluetooth Tersetrum di Dekat Kereta?!

Fakta #4 : Pejabat Perkeretaapian Mengkonfirmasi Live Wire Sebagai Penyebabnya

Petugas kereta api Chennai, Ananth Rupanagudi, membenarkan kejadian tersebut, dan menjelaskan bahwa itu adalah kecelakaan aneh yang terjadi karena seutas kabel panjang jatuh di kepala pria itu.

Sebuah kecelakaan aneh – seutas kabel panjang yang longgar, diambil oleh seekor burung entah bagaimana bersentuhan dengan kabel OHE dan ujung lainnya turun dan menyentuh kepala TTE. Dia menderita luka bakar tetapi tidak dalam bahaya dan dalam perawatan – di stasiun Kharagpur kemarin sore! #Kecelakaan

Dia juga mengungkapkan bahwa kabel itu sangat panjang – sekitar 6 hingga 8 meter, dan menyentuh kabel langsung OHE di ujung lainnya.

Fakta #5 : Insiden Tidak Ada Kaitannya Dengan Lokasi / Bluetooth

Untuk lebih jelasnya, kejadian ini tidak ada hubungannya dengan pria yang “berdiri di dekat rel kereta”. Itu juga tidak ada hubungannya dengan menggunakan earphone Bluetooth.

Bluetooth adalah teknologi nirkabel jarak pendek. Tidak mungkin bagi siapa pun yang menggunakan perangkat Bluetooth untuk tersengat listrik oleh kabel daya terdekat, bahkan jika kabel tersebut terbuka.

Sumber: https://www.techarp.com/facts/man-bluetooth-electrocuted-train/

Powered by Blogger.