Sistem Pencernaan Manusia (Halaman 15, 16)

Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam tubuh kita. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan? 

Setelah kamu mempelajari sistem pencernaan pada sapi, sekarang perhatikan sistem pencernaan pada manusia seperti pada gambar di bawah ini.

damaruta.com sistem pencernaan manusia



Berdasarkan gambar sistem pencernaan pada manusia, coba kamu buat diagram alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus pada kolom berikut.

damaruta.com diagram alur sistem pencernaan manusia

Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk kasar dapat berubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan dapat mempermudah proses penyerapan sari makanan. 

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia jika tidak dikeluarkan

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia. 

  1. Proses memasukkan makanan ke mulut. 
  2. Proses mengunyah makanan dengan menggunakan gigi. 
  3. Proses menelan makanan di kerongkongan. 
  4. Proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung. 
  5. Proses penyerapan sari-sari makanan yang terjadi di usus halus. 
  6. Proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.


Coba kamu bandingkan diagram yang kamu buat dengan penjelasan mengenai proses pencernaan makanan di atas. Apakah ada kesamaannya? Sekarang, bandingkan diagrammu dengan diagram teman sebangkumu.

Coba kamu tuliskan pemahamanmu mengenai sistem pencernaan pada manusia.

Jawaban:

1. Mulut berfungsi sebagai tempat awal masuknya makanan dan dihancurkan agar mudah untuk ditelan

2. Kerongkongan berfungsi sebagai jembatan makanan untuk menuju ke lambung. Pada kerongkongan, terdapat lipatan kecil yang disebut epiglotis yang berguna untuk mencegah kejadian tersedak saat menelan makanan.

3. Lambung berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan saat sedang bercampur dengan enzim pencernaan. Dengan kata lain pada lambunglah terjadi proses seleksi makanan yang masuk dalam tubuh, dimana sisa proses tersebut akan diteruskan menuju usus halus

4. Usus halus berfungsi memecah makanan menggunakan enzim yang dilepaskan oleh pankreas dan empedu dari hati.

5. Usus besar berfungsi sebagai tempat untuk memproses limbah yang tersisa dari proses pencernaan

6. Anus berfungsi sebagai jalan keluar dari sisa makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh,

Apa saja fungsi umum dari sistem pencernaan manusia ?

Jawaban: Untuk mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh manusia yang dijadikan sebagai sumber energi


Apa yang akan terjadi apabila salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik?

Jawaban:
Jika salah satu organ dalam sistem pencernaan rusak atau tak berfungsi,maka makanan yang kita makan akan sulit untuk dicerna di dalan tubuh dan bisa menimbulkan penyakit.

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3



Powered by Blogger.