Proses Distribusi dalam Kegiatan Ekonomi (Halaman 118)

Proses Distribusi dalam Kegiatan Ekonomi    Amati proses distribusi dalam kegiatan ekonomi berikut ini:
Proses Distribusi dalam Kegiatan Ekonomi  

Amati proses distribusi dalam kegiatan ekonomi berikut ini:

Amati proses distribusi dalam kegiatan ekonomi berikut ini:
Diskusikan pertanyaan berikut:
  1. Bagaimana pengaruh alat transportasi modern terhadap penyebaran barang-barang hasil produksi pertanian, perikanan, dan industri? Berikan beberapa contohnya!
  2. Apa yang akan terjadi pada kehidupan masyarakat, jika tidak terdapat beragam alat transportasi modern, seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, dan truk kargo?
Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut:

Bagaimana pengaruh alat transportasi modern terhadap penyebaran barang-barang hasil produksi pertanian, perikanan, dan industri? Berikan beberapa contohnya! Apa yang akan terjadi pada kehidupan masyarakat, jika tidak terdapat beragam alat transportasi modern, seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, dan truk kargo?


Amati kehidupan ekonomi di lingkungan sekitar sekolahmu. Buatlah cerita proses perjalanan satu benda yang dijual di lingkungan sekitar sekolah, yaitu dari benda tersebut dihasilkan, disebarkan hingga sampai pada dirimu. Ceritamu dapat dalam bentuk tulisan atau gambar. Buatlah dengan jelas, rapi, dan menarik.

Contoh:

Proses Distribusi Pulpen

Pulpen merupakan benda yang digunakan sehari-hari saat mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan adanya pulpen kita dapat menulis pelajaran yang disampaikan oleh guru. Salah satu merek pulpen yang banyak digunakan adalah merek Pilot. Pulpen pilot diproduksi di Cikarang, Bekasi Jawa Barat. 

Setelah melalui proses produksi pulpen siap diedarkan di pasar induk  (agen). Pulpen tersebut dibeli oleh pedagang eceran. Pedagang eceran menjual kembali di lingkungan sekitar sekolah sehingga murid bisa membeli pulpen tersebut. Dengan demikian produsen, agen dan pedagang eceran semua mendapatkan keuntungan

***

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 3



Powered by Blogger.