Peta Pikiran - Sang Saka Merah Putih (Halaman 120)

Persatuan dapat membawa kebaikan. Begitu pula dalam belajar. Kamu akan bekerja sama dengan temanmu agar tulisanmu dapat lebih baik. Bacalah teks berikut!

Sang Saka Merah Putih

Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi. 

Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Karena usianya yang sudah tua, Sang Saka Merah Putih terakhir tersebut kali berkibar pada tahun 1969. Bendera disimpan di Museum Nasional. Pemerintah kemudian membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 cm × 200 cm.

Isilah peta pikiran berdasarkan bacaan tersebut!


 

Kembangkan informasi pentingmu ke dalam tulisan dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif!

Bendera Indonesia dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih. Merah artinya berani, sedangkan putih artinya suci. Bendera merah putih dibuat tahun 1944 oleh Ibu Fatmawati. Bendera dibuat dengan ukuran 276 x 200 cm dari katun Jepang.

Dari tahun 1946-1968 bendera merah putih hanya dikibarkan setiap tanggal 17 Agustus. Bendera merah putih terakhir dikibarkan tahun 1969. Karena berusia tua, bendera merah putih disimpan di Museum Nasional. Kemudian bendera merah putih dibuatkan duplikat dengan ukuran 300x200 cm.


Powered by Blogger.