Kosakata Baku Non Baku Bacaan "Pensil, si Kecil yang Amat Penting" (Halaman 116)

Cermati kembali teks eksplanasi “Pensil, si Kecil yang Amat Penting” berikut ini:

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus.

Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba.

Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

***

Perhatikan kata bercetak miring yang terdapat pada teks tersebut. Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman:

  1. Apakah kosakata tersebut telah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)? Jelaskan alasannya! Belum karena belum sesuai dengan PUEBI.
  2. Di mana dan kapan biasanya kamu menemukan penggunaan kosakata tersebut?  Kata baku digunakan dalam tulisan, atau percakapan pada acara-acara formal
  3. Kapan saat-saat kita dapat menggunakan kosakata tersebut? Dan saat kapan kita sebaiknya tidak menggunakan kata-kata tersebut? Jelaskan alasannya!

Cermati hasil diskusimu, sesuaikan dengan pernyataan berikut ini:

Kosakata baku adalah kosakata yang penulisannya telah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Sebaliknya, kosakata non-baku adalah kosakata yang penulisannya tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Kosakata baku wajib digunakan dalam tulisan, atau percakapan pada acara-acara formal. Kosakata non baku boleh digunakan dalam bahasa percakapan pada acara non-formal, seperti saat berbicara kepada teman dalam kehidupan sehari-hari.

Cermati kosakata non-baku pada teks eksplanasi “Pensil, si Kecil yang Amat Penting” dalam tabel berikut. Tuliskan arti kata tersebut dan temukan padanan kosakata bakunya.

Cermati kosakata non-baku pada teks eksplanasi “Pensil, si Kecil yang Amat Penting” dalam tabel berikut. Tuliskan arti kata tersebut dan temukan padanan kosakata bakunya.


Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata baku tersebut. Perhatikan penggunaan kalimat efektif pada kalimat yang kamu buat.
  1. Bagaimana cara membuat tubuh menjadi sehat?
  2. Banjir membuat rumah warga tergenang air setinggi 1 meter.
  3. Saat ini peralatan kebidanan semakin modern.
  4. Zaman sekarang kita bisa mencari uang lewat internet.
  5. Komputer dapat dipakai untuk mengerjakan operasi hitung matematika.
  6. Memasak nasi menjadi lebih mudah sejak ada magic com.
  7. Setelah pulang sekolah, Erik kemudian pergi ke rumah paman. 
  8. Meja itu dibuat dengan cara diketam.
  9. Beni terus mengembangkan bakatnya agar bisa juara.
  10. Ira membeli kado untuk temannya.
  11. Bom itu mampu menghancurkan seluruh kota Hiroshima.
  12. Dengan adanya komputer, kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak.. 
  13. Pemandangan matahari terbit terlihat cantik sekali.
  14. Pergi ke taman kurang lengkap kalau tidak ada teman.
  15. Hewan akan mati jika tidak diberi makan.
  16. Jangan bercanda saat sedang naik sepeda motor.
  17. Walaupun memiliki uang banyak, hal itu tidak bisa membuat Edo bahagia.


Powered by Blogger.