Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 - Pembelajaran 6

Ayo kita lanjutkan berlatih Pencak Silat, sebagai wujud nyata dari sikap “Berpikir Global, Bertindak Lokal”.

Ayo Mencoba

Kamu telah mempelajari 4 gerak dasar dalam Pencak Silat, yaitu:

1. Pola langkah,

Pola langkah dalam pencak silat dapat digunakan ketika melakukan beberapa teknik membela diri. Pola langkah terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segitiga, pola langkah zig zag, pola langkah segi empat, pola langkah S.

2. Sikap Pasang,

Sikap pasang 1 yakni sikap dengan kuda-kuda tengah belakang, dengan berat badan di tengah, posisi kaki depan dan belakang sejajar (sikap pasang tertutup). Posisi kedua telapak tangan terbuka.
Sikap Pasang Dua yakni sikap pasang dengan kuda-kuda tengah serong (sikap pasang tertutup, dengan satu tangan mengepal).

Sikap Pasang Tiga yakni sikap pasang dengan kuda-kuda samping (sikap pasang tertutup, posisi tangan kanan lurus, tangan kiri bersilang di dada atau sebaliknya. Posisi kedua telapak tangan terbuka menghadap ke atas

Sikap Pasang Empat yakni sikap pasang dengan kuda-kuda depan (posisi telapak tangan depan mengepal, telapak tangan yang lainnya terbuka silang di dada).

4. Pukulan,

Pukulan lurus. Posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan.
Pukulan tegak Posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan
Pukulan bandul Pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati.
Pukulan melingkar Pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan

4. Tangkisan.

Tangkisan Dalam Teknik menangkis dengan gerakan tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu.
Tangkisan Luar Merupakan kebalikan dari tangkisan dalam, yaitu tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu. 
Tangkisan Atas Tangkisan dari bawah ke atas, berfungsi untuk melindungi kepala dari serangan lawan.
Tangkisan Bawah Tangkisan dari atas ke bawah

Setelah kamu menguasai keempat gerakan dasar tersebut, kamu akan dibagi ke dalam kelompok yang terdiri atas 10 orang. Setiap kelompok akan menampilkan seluruh gerakan dasar tersebut. Pilih satu teman untuk menjadi pemandu kelompok. Kerja sama dan kekompakan sangat diperlukan ketika kamu bersama-sama mempraktikkannya.

Sekarang pilih tiga gerakan yang kamu ingat dengan baik, kemudian tulis teks yang berisi penjelasan tentang ketiga gerakan tersebut.

Ayo Berdiskusi
Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.

Cinta Produk Indonesia

Contoh :
Membeli buah-buahan lokal
Menggunakan baju batik
Bangga menggunakan produk dalam negeri

Bukan contoh :
Membeli buah-buahan impor 
Menggunakan baju buatan luar negeri
Malu menggunakan produk dalam negeri

Manfaat :
Mendorong ekonomi Indonesia meningkat
Membuat usaha-usaha dalam negeri berkembang
Lapangan pekerjaan semakin luas

Definisi :
Cinta produk Indonesia adalah menghargai, melestarikan, menjaga, dan juga menggunakan produk-produk Indonesia.

Ayo Menulis

Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini: Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Halaman 1 (Judul)
Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama Di Asia Tenggara 

Halaman 2 : Pernyataan Umum 
Paragraf 1 : 
Teknik Elektro FTUI meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. 

Halaman 3 : Deret Penjelas 
Paragraf 2 : 
Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik. 
Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya. 
Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik. 

Halaman 4 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis 
Paragraf 3 : 
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi di era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.

Evaluasi 

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh
Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak melupayakan budaya luhur bangsa.

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Paragraf 1 : Pernyataan Umum
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Pada proses awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam baterai. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Pada malam hari panel surya tidak menghasilkan listrik sehingga listrik yang sudah terkumpul (tersimpan) dalam baterai tersebut dapat digunakan. Arus listrik dari baterai akan dinaikkan terlebih dahulu tegangannya oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik. 

Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Setuju, karena dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita ikut meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm. (Gambar 5)
Luas :
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm²
Volume :
V = r³
V = 6³
V = 216 cm³
Soal 5 dan 6

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.(Gamabr 6)
Luas :
L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)
L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)
L = 320 + 80 + 48
L = 448 cm²
Volume :
V = 8³ + 4³
V = 512 + 64
V = 576 cm³

7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.
Diketahui :
Panjang rusuk kubus 10 cm
Jumlah kubus yang akan dibuat ada 4 buah
Ditanyakan : luas kertas yang dibutuhkan
Jawab :
Luas kertas yang dibutuhkan adalah hasil perkalian jumlah kubus dengan luas permukaan kubus
L = 4 x 6 x (10 x 10)
L = 24 x 100
L = 2.400 cm²
Jadi, luas kertas karton yang dia perlukan adalah 2.400 cm².

Powered by Blogger.