Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif (Halaman 94)

Pada pembelajaran 1 kamu telah membaca teks tentang “Si Kotak Ajaib”. Kamu telah menemukan kalimat tidak efektif pada teks tersebut. Apa itu kalimat efektif?

Kalimat Efektif dan Kalimat Tidak Efektif

Apa itu kalimat efektif?

Kalimat efektif adalah yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami.

Ciri-ciri kalimat efektif adalah hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama .

Contoh kalimat tidak efektif: Para tamu-tamu duduk di kursi. 

  • Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”? 
  • Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”? 
  • Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. 
  • Kita dapat menghilangkan salah satu.
  • Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi. 
  • Efektif: Para tamu duduk di kursi.

Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif.


Si Kotak Ajaib 

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

***


Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif.


Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 3



Powered by Blogger.