Diskusi - Bijak Menggunakan, Merawat, dan Memperindah (Halaman 7, 8, 9 )



Ayo Berdiskusi

Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orang tuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil secukupnya. 

Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya. 

Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya.

***

Diskusikan dengan kelompokmu. 

1. Apa yang dilakukan adik Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Adik Beni belum mau menghabiskan nasinya ketika makan.

2. Apa yang dilakukan Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Beni selalu menghabiskan makanannya karena dia mengambil makanan secukupnya saja.

3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap makanan? Beni atau adiknya? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Menurut saya sikap Beni lebih bijak dibanding adiknya karena kita tidak boleh menyia-nyiakan makanan, ambilah makanan secukupnya saja jangan berlebihan.

4. Ketika adik Beni membuang makanan, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Pihak yang dirugikan adalah ayah dan ibu yang telah berusaha mencari dan menyediakan makanan tersebut untuk anak-anaknya. Pihak lain yang dirugikan adalah para petani karena mereka dengan susah payah menanam padi sampai menjadi beras.

5. Ketika adik Beni makan malam, apakah dia sudah mendapatkan haknya? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Sebagai seorang anak berhak mendapatkan makanan dari kedua orang tuanya.

6. Ketika adik Beni membuang makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Ketika adik Beni membuang makanan berati dia belum melaksanakan kewajibannya. Seharusnya kita bijak dalam memanfaatkan makanan.

7. Ketika Beni menghabiskan makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu. 

Jawaban:

Ketika Beni menghabiskan makananya berarti Beni telah melaksanakan kewajibannya, kita tidak boleh menyia-nyiakan makanan kta harus bijak memanfaatkan makanan.

***

Tanaman mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk makanan, tanaman juga menghasilkan oksigen. Kita berhak menikmati manfaat dari tanaman. Namun, kita juga wajib untuk bijak menggunakannya. Salah satu cara bijak dalam menikmati manfaat dari tanaman adalah dengan tidak membuang-buang makanan. Bayangkan kalau semua orang seperti adik Beni, berapa banyak nasi yang terbuang sia-sia setiap hari? Berapa banyak sumber daya alam dan energi yang terbuang setiap hari? Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu memanfaatkan makananmu dengan baik?

Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya.


Perhatikan gambar berikut.




Bijak memanfaatkan tumbuhan berarti kita menghematnya, tidak membuang-buangnya, tidak mengambil secara berlebih dan tidak merusaknya. Ketika kita tidak memanfaatkan tumbuhan dengan baik berarti kita sudah mengambil hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang nyaman. Sekarang, lihatlah dirimu. Apakah kamu sudah memanfaatkan tumbuhan dengan bijak.



Mengambil makanan secukupnya adalah hal yang bijak yang bisa dilakukan untuk menghemat makanan. Kamu berkewajiban menghemat makanan.

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 3


Powered by Blogger.