Aktivitas di Pasar (Halaman 58, 59)

Amatilah gambar di bawah ini dengan cermat!

Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli. Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?  Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?  Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?  Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar?


Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli. 

Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?
Jawaban: 
Di pasar kita akan menemui penjual, pedagang dan barang dagangan

Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?
Jawaban: 
Sayur dan buah ditanam oleh petani. Petani adalah produsen. Setelah sayur dan buah layak di panen, buah ini akan dibawa ke pasar atau didistribusikan ke pasar untuk dijual.

Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?
Jawaban:
Pedagang di pasar bisa juga disebut sebagai distributor.
Di pasar, sayur dan buah akan dibeli oleh konsumen dan tiba di rumah.

Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?
Jawaban: 
Aktivitas yang ada di gambar adalah transaksi atau jual beli antara pedagang dengan pembeli.

Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar? 
Jawaban: 
Orang yang terlibat dalam kegiatan di pasar adalah produsen, pedagang besar (distibutor utama) pedagang kecil hingga pembeli (konsumen).

Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di depan!


Wah, ternyata ada beragam aktivitas di sebuah pasar, ya? Bagaimana dengan lingkungan sekitarmu? Aktivitas apa sajakah yang dapat kamu temui di sana dan siapa sajakah yang melakukannya?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3

Bacalah teks bacaan di bawah ini! 

Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya. 
Amatilah lingkungan sekitarmu dan cari tahu aneka aktivitas yang ada. Temukan beberapa aktivitas yang menurutmu menggabungkan aspek sosial dan ekonomi. Aktivitas tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat.

Buatlah laporan observasi yang di dalamnya memuat hal berikut. 
  • Pengamatan secara umum kondisi lingkungan sekitarmu. 
  • Pengamatan secara khusus tentang salah satu aktivitas yang menurutmu berkontribusi dalam pembangunan sosial. 
  • Manfaat sosial dan ekonomi yang diperoleh dari aktivitas tersebut. Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.  
Amatilah gambar pasar yang disajikan sebelumnya! 
  • Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu temukan di pasar? 
  • Apakah orang-orang yang beraktivitas tersebut memiliki kebiasaan yang sama? Jelaskan!
Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu temukan di pasar?
Jawaban:
Perbedaan yang dapat ditemukan di pasar:
1. Produk/Barang yang di jual
2. Harga jual

Apakah orang-orang yang beraktivitas tersebut memiliki kebiasaan yang sama? Jelaskan!
Jawaban:
Tidak, karena setiap penjual memiliki barang dagangan yang berbeda dan setiap pembeli mempunyai kebutuhan yang berbeda pula terhadap barang dagangan yang ingin di beli.


Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain. Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.
Powered by Blogger.