Sumber Daya Alam yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh (Halaman 57)

Sumber Daya Alam yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Saat sedang belajar bersama di rumah Lani, Beni terlihat tidak sehat. Seringkali ia batuk.  Lani kemudian dipanggil Ibu.  Mereka berdua berbicara di dapur.  Tidak lama kemudian, Lani datang membawa secangkir air.  Ia menyodorkan minumannya kepada Beni dan meminta meminumnya.  Setelah itu, Beni terlihat lega.  Teman-temannya bertanya kepada Lani tentang minuman tersebut. 

Lani menerangkan bahwa ia baru saja memberi Beni air jahe.  Ibu Lani membuat minuman dari jahe yang dicampur dengan sedikit gula.  Di belakang rumah Lani banyak tanaman Jahe. Banyak orang percaya bahwa jahe bisa membuat tenggorokan lega saat kita batuk.  Jahe pun membuat tubuh hangat.

***

Tahukah kamu, Indonesia memiliki sumber daya alam yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Sumber daya alam tersebut dijual di pasar dan bisa dinikmati oleh siapa saja. 

Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur, dan cengk h merupakan contoh sumber daya alam Indonesia yang jumlahnya berlimpah.  Banyak masyarakat memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. 

Kunyit merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan dalam  kehidupan  masyarakat  Indonesia. Kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, obat tradisional, bahkan sebagai pewarna alami. 

Sebagai salah satu bahan baku obat tradisional, kunyit banyak dicari masyarakat, baik di Indonesia maupun dari luar negeri. Semakin hari, semakin banyak peminat kunyit dari negaranegara lain.  Para petani sangat gembira dengan banyaknya peminat kunyit tersebut.

Minuman kunyit asam merupakan minuman yang banyak diminum oleh penduduk Indonesia. Selain menyegarkan, minuman ini pun dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh. Awalnya minuman ini banyak dinikmati oleh penduduk di jawa. Namun, saat ini minuman kunyit asam dapat dinikmati oleh banyak penduduk Indonesia hampir di seluruh provinsi.  Minuman ini sudah dibuat dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu dalam bentuk kemasan.  Pembeli bisa langsung menyeduhnya dengan air hangat.

Wah, hebat bukan? Ternyata sumber daya alam Indonesia yang berlimpah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Banyak pula peminat yang berasal dari luar Indonesia untuk membelinya. 

Bersama temanmu, temukanlah sumber daya alam Indonesia lainnya yang banyak dijumpai di pasar. Sumber daya alam yang kalian diskusikan adalah sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat.  Bukan saja bermanfaat di dapur sebagai bumbu masak, namun juga bermanfaat untuk kebutuhan lainnya.

Sumber daya alam yang berlimpah dimaksudkan agar manusia bisa memanfaatkannya untuk kehidupannya. Sebagai rasa syukur, kita perlu menjaga keberadaannya dengan terus menanamnya lagi.


No.

Sumber Daya Alam

Pemanfaatan

Tempat dipasarkan

1.

Kunyit

Bumbu nasi kuning jamu

Di pasar, supermarket

2.

Jahe

Bumbu masak dan obat tradisional

Di pasar, supermarket

3.

Emas

Perhiasan dan barang kerajianan lianya

Di POM bensin

4.

Bensin

Bahan bakar mobil dan sepeda motor

Di pasar, supermarket

5.

Kayu

Bahan bangunan dan bahan perabot

Di toko mebel

6.

Tanaman bunga

Sebagai hiasan dan pengharum ruangan

Di toko bunga, supermarket

7.

Batu bara

Sebagai bahan bakar PLTU

Pabrik pengolahan batu bara

8.

Kelapa

Bahan pembuat minya dan bahan sayuran

Di pasar, supermarket

9.

Air

Sebagai air mi

Di pasar, supermarket

10.

Batu bata

Sebagai bahan bangunan

Di toko bangunan


Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 2


Powered by Blogger.