Peta Pikiran - Pengibar Sang Saka Merah Putih (Halaman 41)

Pengibar Sang Saka Merah Putih

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat. Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.

Abdul Latif Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948).

Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.

***

Berdasarkan bacaan di atas, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!



  • Apa peristiwa yang terjadi pada bacaan di atas? Pengibaran bendera merah putih pertama kali saat proklamasi kemerdekaan.
  • Mengapa pengibaran bendera merah putih saat proklamasi sangat penting? Karena berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
  • Siapa pengibar bendera merah putih saat pembacaan proklamasi Indonesia? Latief Hendraningrat dan Suhud adalah orang yang mengibarkan bendera merah putih pertama kali saat proklamasi.
  • Kapan beliau menjabat komandan keamanan kota? Beliau pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948).
  • Di mana Abdul Latif Hendraningrat pernah bertugas sebagai atase militer RI? Abdul Latif Hendraningrat pernah bertugas sebagai atase militer RI di Filipina dan Washingotn hingga tahun 1956.
  • Bagaimana sepak terjang beliau saat masih menjadi mahasiswa? Saat menjadi mahasiswa, beliau mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta dan pernah ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.


Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri!

Pengibaran bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Latief Hendraningrat dan Suhud adalah pengibar bendera merah putih pertama kali saat proklamasi.
Saat menjadi mahasiswa, beliau mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta dan pernah ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari. Beliau pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948). Abdul Latif Hendraningrat pernah bertugas sebagai atase militer RI di Filipina dan Washingotn hingga tahun 1956.



Powered by Blogger.