Penyakit Pada Sistem Pernapasan (Halaman 81)

Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan pada insan yakni salah satu sistem organ yang sangat penting. Karena jikalau insan tidak bernapas selama beberapa menit, maka beliau akan mati. Sama menyerupai sistem organ yang lain, sistem pernapasan pada insan juga sanggup mengalami gangguan atau kelainan yang menghipnotis sistem itu sendiri.

Organ pernapasan insan terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paruparu. Setiap organ tersebut sanggup mengalami gangguan akhir kuman penyakit yang berasal dari lingkungan atau kebiasaan hidup tak sehat. Berikut beberapa pola gangguan pada sistem pernapasan manusia.

  1. Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru mengalami pembengkakan lantaran pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara.
  2. Asma, merupakan kelainan penyumbatan susukan pernapasan yang disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau perubahan cuaca. Kelainan ini sanggup diturunkan dan sanggup kambuh jikalau suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.
  3. Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama-kelamaan sanggup menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru yakni kebiasaan merokok.
  4. Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut mengakibatkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas, sanggup menimbulkan sel-sel pada paru-paru mati. Akibatnya paruparu akan menguncup atau mengecil. Hal tersebut menimbulkan para penderita TBC napasnya sering terengah-engah.
  5. Bronkitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akhir infeksi. Gejalanya yakni penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.
  6. Influenza (flu), merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan tanda-tanda bersin-bersin, demam, dan pilek.

***

Membuat Kalimat dengan Kata Tanya

Buatlah daftar pertanyaan dan jawaban berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan” di atas. Tuliskan dalam tabel seperti contoh berikut.









Powered by Blogger.