Peduli Bahaya Sumber Listrik (Halaman 70)

Peduli Bahaya Sumber Listrik



Di sekitar rumah, banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati-hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya. 

Amati gambar berikut dan sampaikan pendapatmu!


Sampaikan hasilnya di depan kelas. Apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga keselamatan dari bahaya tersengat listrik? 



Ingat, Listrik + Air = Bahaya! 

Perhatikan gambar berikut. Tulislah barang-barang yang menggunakan listrik di setiap ruangan dan kemungkinan bahaya yang ditimbulkannya. Tulis juga apa yang harus kamu lakukan saat menggunakan barang tersebut!


  1. Biasanya pada kamar mandi dibutuhkan listrik, selain untuk lampu penerang, juga untuk kebutuhan mengoperasikan hair dryer, peralatan pengering tangan. Pada kamar mandi tempatkan saklar di luar kamar mandi agar aman dari percikan air. Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik
  2. Peralatan listrik yang ada di kebun antara alat penyiram tanaman yang menggunakan pompa air. Saat menyalakan pompa air berhati-hatilah.
  3. Peralatan listrik yang ada di kamar tidur diantaranya adalah lampu penerangan dan televisi. Cara menyalakan televisi harus dilakukan dengan benar, dan setelah selesai menonton televisi harus dimatikan.
  4. Peralatan listrik yang ada di ruang keluarga antara lain lampu penerangan, televisi, kipas angin dan lain-lain. Gunakan alat-alat tersebut dengan hati-hati, misalnya jika ingin menyalakan lampu gunakanlah alas kaki.
  5. Alat listrik yang ada di dapur sangat banyak diantaranya adalah rice cooker, blender, dan mgic jar. Gunakanlah alat tersebut dengan bantuan orang tua kita agar aman








Powered by Blogger.