Manfaat Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari (Halaman 11)

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Manfaat Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini.


Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?
Di kamar Edo ada Kipas angin, Televisi, Radio, Lampu. yang menggunakan listrik

Apa manfaat listrik untuk Edo?

Listrik bermanfat bagi edo untuk mendapatkan informasi dan berita penting dari televisi dan radio. Ruangan Edo terasa dingin dan segar pada saat udara panas dengan kipas angin. Terang lampu membantu Edo beraktifitas malam: belajar, bermain atau membantu ibu dll

Sekarang, amatilah sekitarmu!

Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!

Beberapa manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Sebagai sumber penerangan. Pada saat malam hari ketika sinar matahari tidak ada, Energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu.
  2. Sumber Energi. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi bagi peralatan lainnya. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.
  3. Sarana Hiburan. Sarana hiburan yang biasa kita gunakan sebagian memanfaatkan energi listrik. Sarana hiburan yang ada di rumah misalnya televisi, radio, tape recorder, dan CD player menggunakan energi listrik untuk menjalankannya.
  4. Penghasil Panas. Energi listrik bisa dapat diubah menjadi energi panas yang digunakan berbagai alat rumah tangga. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas diantaranya adalah setrika listrik, oven listrik, pengering rambut, solder, dan masih banyak lainnya.
  5. Penghasil Gerak. Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik. Energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin , blender dan masih banyak lagi lainnya.
Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman.

Apakah manfaat listrik yang kalian rasakan sama? Mengapa?

Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik.

Apa yang kalian rasakan saat itu?

Apabila listrik padam maka rutinitas akan sangat terganggu, baik dalam komunikasi (handphone, laptop,), transportasi (mobil listrik, penerangan jalan), domestik (lampu rumah, kulkas, televisi, handphone, laptop), pekerjaan (las, komputer, dan lain-lain).


Powered by Blogger.