Latihan Kebugaran Jasmani (Halaman 24)

Kita telah mengetahuibeberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Lalu, siapakah tokoh penemu di bidang olahraga?

Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang para tokoh penemu tingkat dunia.

James Naismith
James Naismith lahir di Kanada,6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Ayo Mencoba


LATIHAN KEBUGARAN JASMANI

Latihan kebugaran jasmani adalah aktivitas olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot, serta melatih kelenturan dan keseimbangan. Olahraga ini juga efektif untuk membakar kalori dan menurunkan risiko terjadinya sejumlah penyakit. Beberapa latihan kebugaran jasmani antara lain sebagai berikut :



Push Up dan Sit Up adalah gerakan yang cukup berat. Oleh karena itu, terdapat sedikit perbedaan gerakan Push Up dan Sit Up bagi siswa laki-laki dan siswa perempuan. Amati gambar berikut!
Variasi gerakan Sit Up dan Push Up untuk putri dan Putra.



Berdoalah dahulu sebelum memulai kegiatan.
Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti untuk menghindari cedera. Selamat mencoba!

Setelah berlatih, diskusikan hal berikut bersama beberapa teman di kelas!
1. Apakah kamu berhasil mencapai jumlah yang ditentukan saat melakukan Push Up Dan Sit Up? Jelaskan alasannya!
Jawaban :

2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?
Jawaban :

3. Bagaimana rencanamu ke depannya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?
Jawaban :

4. Bagaimana variasi permainan yang dapat dikembangkan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?
Jawaban :

Kamu dapat  mempraktikkan variasi permainan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (vertical Jump) pada pertemuan berikutnya.

Powered by Blogger.