Kewajiban dan Tanggung Jawab (Halaman 109, 111)

Sebagai pelajar, tentunya kita perlu memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas kita. Bagaimana akibatnya jika kita tidak memiliki sikap tersebut?

Ayo Mengamati

Ingatkah kamu tentang kisah Ani, hak dan tanggung jawabnya? Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.

Kewajiban dan Tanggung Jawab

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

***

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!

Jawaban:
Kewajiban Ani: Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

Jawaban:
Ani sudah menjalankan kewajibannya , contohnya adalah dengan bersyukur dengan perhatian ayah dan ibu, mematuhi nasehat, dan rajin belajar serta mengerjakan tugas.

3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?

Jawaban:
Ia akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai 
cita-cita

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Jawaban: 
Ya, Ani telah bertanggung jawab.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

Jawaban:
Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut.
 

Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap kewajibanmu? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menjalankan kewajiban, baik di rumah maupun di sekolah. Tulislah dalam diagram berikut.





Powered by Blogger.