Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2

Pembelajaran 2
Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya



Saat bangun pagi, Udin teringat akan mimpinya semalam. Ia bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang berada di daerah lain di Indonesia. Udin rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?

Sumber: Buku Tematik Kelas 6 Tema 8



Yuk, kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini.






Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?


Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?



------------------------------------------
Halaman 13
-------------------------------------------




Kegiatan Udin berbeda dengan kegiatan teman-temannya yang berada di daerah lain pada waktu yang sama. Perbedaan tersebut ada hubungannya dengan pembagian waktu di Indonesia. Oleh karena itu, Udin ingin mengetahui apa yang menjadi dasar pembagian waktu di Indonesia. Udin juga ingin mengetahui pembagian waktu di dunia. Kamu akan membantu Udin untuk memahaminya melalui kegiatan berikut. 

1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!

kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 8 sub tema 1 pembelajaran 2
Sumber: Buku Tematik Kelas 6 Tema 8
2. Amati garis yang melintang pada globe/ petamu yang membelah Bumi menjadi belahan utara dan selatan !
Sumber: Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 


3. Amati pula garis membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan timur !
Tuliskan hal-hal lain yang kamu temui dari hasil pengamatanmu pada kotak berikut !





Bacalah dan cermati teks informasi berikut ini!
Sebelum kamu mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!
1. Sebutkan kata kunci yang kamu temukan pada judul bacaan
    Perputaran Bumi
2. Berdasarkan kata kunci tersebut, perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan dari bacaan
    Informasi/detail putaran Bumi
    Akibat dari putaran Bumi
3. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang. Secara bergantian, sebutkan kata kunci yang
    ditemukan pada judul dan perkiraan informasi yang akan didapatkan dari bacaan.

Perputaran Bumi dan Akibatnya 

Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Apa akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian). 

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim. 

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu. 

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini melalui Greenwich Observatory di Kota London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional. 

Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Apabila berputar 15° , Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.

----------------------------------
Halaman 14
----------------------------------



Dari bacaan di atas, temukan kosakata-kosakata baru. Tuliskan kosakata-kosakata tersebut pada kolom yang disediakan. Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut pada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.



-----------------------------------------------------------
Halaman 15
-----------------------------------------------------------


Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul "Perputaran Bumi dan akibatnya". Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.

----------------------------------------------------------------------------------
Halaman 16
-----------------------------------------------------------------------------------


Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang.
Kumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peristiwa rotasi Bumi dan dampaknya seperti contoh berikut:



 




Sungguh luar biasa keagungan Tuhan. Bumi, langit dan isinya adalah bukti nyata mahakarya Tuhan Yang Maha Esa. Sudah selayaknya kita selalu mengucapkan syukur atas anugerah tersebut. Alam raya ciptaan Tuhan sungguh mengagumkan. Rasa kagum manusia terhadap ciptaan Tuhan dapat diungkapkan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui lagu. Ingatkah kamu tentang interval nada? Kamu telah mempelajari tentang interval nada di tema sebelumnya. Ayo, kita ingat kembali materi tentang interval nada.

Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai interval. Jika dua buah nada tersebut dimainkan secara bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval melodis.

Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“? Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna. Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini! 


Identifikasilah interval nada pada lagu “Ambilkan Bulan, Bu” dengan tangga nada C mayor. Gunakan gambar interval nada di bawah ini sebagai acuanmu !

Dapatkah kamu menemukan interval dalam lagu “Ambilkan Bulan, Bu”? Interval seperti apa yang kamu temukan dalam lagu tersebut? Berlatihlah menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan, Bu”. Lantunkan lagu tersebut di depan kelas dengan percaya diri.


Kamu sudah belajar tentang banyak hal hari ini. Buatlah ringkasan sederhana untuk mengingatkanmu kembali tentang hal-hal yang sudah kamu pelajari. Kamu dapat menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai acuan untuk membuat ringkasanmu. 
• Jelaskan kosakata-kosakata yang terkait dengan topik (rotasi, garis lintang, garis bujur). 
• Jelaskan pembagian waktu khususnya di Indonesia. 
• Jelaskan pengaruh dari peristiwa rotasi bumi.



Presentasikan ringkasan yang kamu buat di depan orang tuamu. Mintalah mereka untuk memberi 5 pertanyaan berkaitan dengan topik yang kamu pelajari.


Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8
Powered by Blogger.