Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3

--------------
Halaman 71
--------------

Ayo, kita ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia.
Lalu, bagaimana dengan kondisi sosia budayanya? Apakah sama dengan kondisi sosial budaya di Indonesia?  Sebagian besar tidak sama

---
Singapura 


Singapura termasuk negara dengan penduduk yang padat. Sebanyak 85% rakyat Singapura tinggal di rumah susun. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Rakyat Singapura sangat disiplin dalam masalah kebersihan. Singapura menjadi negara paling bersih di Asia. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka ingin berbelanja di Singapura.
---

Bacalah kembali informasi tentang keadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Bacalah kembali informasi tentang keadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya
Kondisi geografis dan kondisi sosial budaya Singapura (damaruta.com

Setiap negara memiliki keunikan sosial budaya. Begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya. Meskipun memiliki lingkungan alam yang berbeda-beda, setiap negara pasti memiliki kepedulian yang sama terhadap kelestarian lingkungan hidupnya. Perhatikan infografis yang disajikan di bawah ini! Bersama dengan temanmu, lakukan analisis terhadap infografis yang disajikan dan identifikasi informasi-informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut. Sajikan kembali informasi-informasi yang kamu temukan dalam bentuk peta pikiran. 

damaruta.com manfaat konservasi alam



---------------
Halaman 73
---------------


Peta Pikiran Manfaat Konservasi Alam

Peta Pikiran 
"Manfaat Konservasi Alam" (damaruta.com)


damaruta.com
Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Setiap warga negara bertanggung jawab melakukan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Apakah kamu tahu makna tanggung jawab? 

Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. 

Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. 

Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya. 

Gambarlah pohon keluargamu. Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu. Gunakan format pohon keluarga di bawah ini untuk membantumu!

Pohon Keluarga

Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu.

Tanggung jawab Ayah dalam keluarga :
  • Menjadi pemimpin yang bijak lagi tegas dalam membina anggota keluarga dalam menaati aturan yang berlaku
  • Memberikan nafkah lahir dan batin terhadap keluarganya
  • Menjadi pelindung keluarga
  • Menjadi teladan yang baik bagi anggota keluarga
  • Menjadi guru yang cakap bagi anggota keluarga
  • Menjadi teman diskusi bagi anggota keluarga
  • Menjadi penghibur keluarga
  • Menjadi delegasi untuk kerabat dan lingkungan
Tanggung jawab Ibu dalam keluarga :
  • Menjadi pembina keluarga yang mampu membuat harmonis anggota keluarga
  • Mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan suami selama tidak melanggar norma agama dan masyarakat
  • Mengelola hasil nafkah untuk keluarganya
  • Menjadi teladan bagi anggota keluarga
  • Menjadi teman diskusi anggota keluarga
  • Menjadi penghibur keluarga
Tanggung jawab anak (kakak dan adik) dalam keluarga :
  • Menaati segala anjuran dan perintah yang diberikan kedua orang tua
  • Membantu ayah dan ibu sesuai kemampuan
  • Menyenangkan hati orang tua
  • Menjaga suasana kondusif dan nyaman dalam lingkungan keluarga
  • Mengutamakan belajar daripada bermain

Halaman 74

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut. (damaruta.com)
Indografis Sampah Jakarta (damaruta.com)


Analisis Informasi :

Sampah Jakarta yang dihasilkan oleh warga Jakarta sangat mencengangkan. Produksi sampah tiap hari adalah 6.270 ton! ini setara dengan berat badan 25 ekor paus biru besar! Sampah Jakarta juga mampu menimbun tanah seluas sebanyak 4 lapangan sepak bola. Dari sampah yang banyak tersebut, komposisi jenis sampahnya adalah 54% sampah organik, 15% sampah kertas, 14% sampah plastik dan 17% sampah campuran dari kaca, logam dan sebagainya. Dari semua sampah tersebut, hanya 79% yang dapat terangkut, sedang sisanya tidak terangkut atau sudah didaur ulang. 

Masalah sampah ini merupakan masalah yang besar bagi warga Jakarta, karena sampah dapat merugikan kesehatan dengan timbulnya penyakit dari sampah, masalah bagi lingkungan karena bisa menyebabkan pencemaran, serta dapat membahayakan lingkungan, karena sampah bisa menimbulkan bahaya ledakan yang disebabkan kandungan gas dalam sampah yang dapat meledak, seperti kejadian ledakan sampah pada tanggal 21 Februari 2005 yang menelan korban jiwa. 

Dari segi estetika, sampah juga menimbulkan masalah tersendiri. Masalah pelik sampah ini karena masyarakat masih tidak tahu bagaimana mengelola sampah. Sebanyak 55% masyarakat tidak tahu cara mengelola sampah. Sebanyak 74% sampah hanya dibuang/ditumpuk, 2% sampah dibakar, dan hanya 19% masyarakat yang mengerti cara penanganan sampah. Tanggapan masyarakat masih rendah terhadap  cara penanganan sampah, sebanyak 98% menganggap sampah itu kotor dan bau, dan baru sebanyak 2% masyarakat yang sudah kreatif dengan melakukan daur ulang sampah. 

Sebanyak 65% masyarakat rela membayar lebih retribusi sampah asal sampah dikelola secara baik. Namun ada harapan agar masalah sampah ini bisa teratasi, karena 7,6 dari skala 10 masyarakat untuk turut bertanggung jawab terhadap permasalahan sampah. 

Yang bisa kita lakukan sebagai bentuk tanggung jawab tersebut adalah dengan mengurangi sampah di sumbernya, yaitu dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, serta melakukan daur ulang. 

Jika sampah masih ada/ masih berproduksi di sumbernya, maka metode pemilahan sampah dapat membantu mengurangi dampak sampah. Sampah yang mudah busuk dikomposkan untuk dijadikan pupuk, dan sampah sulit busuk bisa didaur ulang dengan cara dijual/disumbangkan. 

Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia bebas sampah 2020

Halaman 75

Identifikasilah tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita dari sampah.



Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 (Revisi 2018)


Powered by Blogger.