Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5

Pembelajaran 5
Kelas 6 Tema 8 Subema 1 - Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya



Ketika musim hujan tiba, Bumi menjadi basah karena tersiram air hujan. Banyak tanaman mulai tumbuh, pohon-pohon yang layu karena kekurangan air tampak segar kembali. Para petani mulai menanam padi di sawah. Cuaca yang semula panas menjadi sejuk. Musim hujan selalu dinantikan oleh banyak orang. Namun, ada kalanya, musim hujan menyebabkan bencana.



Saat membaca koran, Edo terlihat keheranan. Mengapa? Di koran diinformasikan bahwa saat ini di Argentina sedang terjadi musim panas. Namun, pada saat bersamaan, di Kanada, sedang terjadi musim dingin. Mengapa terjadi perbedaan musim di antara negara-negara di dunia? Mari, kita amati gambar berikut!




Amati gambar berikut untuk memperjelas jawabanmu!

Bacalah fakta-fakta sains dari gambar di atas! 
1. Bumi membuat sebuah jalur atau orbit berbentuk elips saat mengelilingi Matahari yang disebut revolusi. 
2. Jalur atau orbit ini ditempuh dalam waktu satu tahun untuk satu putaran. 
3. Selama setahun, belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan secara bergantian menghadap dan membelakangi Matahari sehingga terjadi perbedaan musim.
4. Akibat revolusi Bumi terhadap Matahari, negara yang berada di belahan Bumi utara dan selatan setiap 3 bulan sekali mengalami perubahan musim. 

Kanada terletak di belahan bumi utara, sebaliknya Argentina terletak di belahan Bumi selatan. Pada saat matahari memanasi Bumi bagian selatan, Argentina mengalami musim panas. Sebaliknya, negara yang terletak di belahan Bumi utara seperti Kanada mengalami musim dingin.

---------------
Halaman 42
---------------

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!

damaruta.com - Tabel Musim


--------------
Halaman 43
--------------



Saatnya kamu mempraktikkan gerakan Bumi mengelilingi Matahari yang disebut revolusi Bumi.

1. Buatlah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai titik tengahnya di lapangan sekolahmu!
2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!
3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.
4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.
5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa dapat pula berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.
6. Cara berputar seperti terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam).
7. Saat berpindah dari satu titik ke tiga titik lainnya, jelaskanlah musim yang sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan!


• Perhatikan juga posisi siswa yang berputar (Bumi) terhadap senter (Matahari).
• Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?

Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, dan B4. Tuliskan hasil pengukuran jarakmu pada tabel di bawah ini!

Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?
Tidak selalu sama

Tuliskan hasil pengukuranmu pada tabel di bawah ini!


Dari Hasil pengukuran di atas, apa yang dapat kamu simpulkan tentang orbit Bumi?

Bahwa orbit Bumi berbentuk Elips


Ketika belahan Bumi utara mengalami puncak musim panas, tempat-tempat di dekat Kutub Utara condong ke Matahari sehingga hampir sepanjang hari terang. Sebaliknya, daerah-daerah dekat Kutub Selatan saat itu dalam keadaan gelap.

Revolusi Bumi

Revolusi Bumi menyebabkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal sesungguhnya, Matahari tidak bergerak. Peristiwa ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari. 

--------------- 
Halaman 44
---------------

Apakah kamu tahu yang disebut reporter?

Jawaban :

Reporter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik.

Repoter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik. Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan juga dapat berbentuk lisan yang disampaikan melalui media elektronik seperti radio dan televisi. Dalam kegiatan ini, kamu akan bermain peran menjadi reporter cilik. Bekerjalah besama teman sebangkumu. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Sajikan informasi yang kamu temukan dalam format five finger facts seperti gambar berikut.

---------------
Halaman 45
--------------

Petunjuk :

Temukan lima Informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. 
Tuliskan informasi yang kamu temukan di tiap jari :




Olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang reporter.

Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi teman-teman yang ada di kelas 6.

Reportase kami hari ini adalah mengenai Revolusi Bumi dan dampaknya. Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Seperti yang diketahui bersama, Bumi mengelilingi Matahari membutuhkan waktu tepatnya 365,25 hari atau satu tahun surya, dan disebut sebagai kala revolusi Bumi.

Adapun dampak dari revolusi Bumi adalah sebagai berikut
Dampak 1 :
Adanya perbedaan lama siang dan malam. Revolusi dan kemiringan sumbu Bumi menyebabkan gejala yang terjadi selalu berulang setiap tahun. Peristiwa alam tersebut bisa terlihat di kutub utara dan selatan. Karena perbedaan jarak dekat atau jauhnya kutub dengan Matahari menyebabkan adnya perbedaan lama siang dan malam.
Dampak 2 :
Adanya perubahan rasi bintang. Rasi bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang membentuk pola tertentu. Rasi bintang yang biasa dikenal umum antara lain : rasi bintang Biduk, rasi bintang Scorpio, rasi bintang Leo. Revolusi Bumi mengakibatkan rasi bintang-bintang tersebut terlihat berubah.
Dampak 3 :
Adanya Gerak semu tahunan Matahari. Pergeseran posisi Matahari ke arah belahan Bumi utara dan pergeseran posisi Matahari dari belahan Bumi utara ke belahan Bumi selatan disebut gerak semu harian Matahari. Gerak revolusi Bumi dengan sumbu rotasi yang miring mengakibatkan Matahari seolah-olah bergesar
Dampak 4 :
Adanya perubahan musim. Perubahan musim terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi Selatan. Musim yang terdapat di Bumi antara lain musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Musim-musim tersebut terjadi pada tanggal tertentu.
Dampak 5 :
Penggunaan Kalender Masehi. Kalender masehi ditetapkan berdasarkan revolusi bumi.

---------------
Halaman 46
---------------


 Ayo Bernyanyi


Di Indonesia, berlaku dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan yang terjadi secara bergantian. Pergantian musim tersebut menyebabkan Indonesia memiliki ragam jenis buah-buahan yang berbuah sesuai jadwalnya. Pemandangan di desa ketika musim panen buah terlihat indah sekali. Berikut ini ada sebuah lagu yang menceritakan tentang rasa kagum atas keadaan desa yang selalu dirindukan oleh sang pencipta lagu. Ayo, kita simak notasi lagunya.


Identifikasikan interval yang terjauh dan terdekat pada lagu “Desaku yang Kucinta“. Gunakan petunjuk di bawah ini untuk membantumu.


Nyanyikan lagu "Desaku yang Kucinta" bersama guru dan teman-temanmu.



Interval pada nada dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan di bawah ini. 

Siapkan bahan dan alat percobaan: 
• Air 
• 5 atau lebih gelas kaca 
• Tongkat kayu, dapat juga menggunakan pensil 

Ikuti langkah-langkah percobaan secara runut: 
• Isilah gelas dengan jumlah air yang berbeda satu sama lain. 
• Atur posisi semua gelas secara sejajar untuk memudahkanmu memukulnya. 
• Susunan diatur dengan mengisi gelas pertama dengan sedikit air, gelas kedua lebih banyak dan seterusnya hingga gelas terakhir berisi paling banyak air. 
• Selanjutnya, kamu dapat memukul pinggiran gelas dengan tongkat kayu/ pensil dengan urutan dari gelas yang berisi paling sedikit air hingga yang terbanyak. Amati perbedaan suara yang terdengar. 

Perbedaan suara yang ditimbulkan itulah yang disebut interval nada. Dengan perbedaan suara yang terdengar itu, kamu dapat mencoba memukul gelasgelas tersebut dan merangkai nada untuk memainkan musikmu sendiri.

  

Powered by Blogger.