Jenis Hewan di Asia Tenggara dan Cara Perkembangbiakannya (Halaman 63)

Apakah kamu penyayang hewan? Apa saja manfaat yang diperoleh manusia dari hewan? Bagaimana cara hewan berkembang biak? Ayo, kita pelajari.

 

Jenis Hewan di Asia Tenggara 

Negara-negara di Asia Tenggara memiliki banyak jenis hewan. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sebagai makanan, simbol negara, atau dijadikan binatang peliharaan. Baca teks berikut dan amatilah gambarnya.


Gajah putih dianggap suci oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Menjaga gajah putih adalah usaha yang sangat mahal, karena pemiliknya harus menyediakan makanan khusus untuk gajah.


Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingkan luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Di dalam lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang cukup besar Salah satunya ikan tuna.

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari negara lain,  seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.



Tahukah kalian burung yang hidup di negara tetangga kita? Burung Takur Dahan hidup di Malaysia. Hewan ini termasuk hewan yang dilindungi negara.

Hewan-hewan di atas merupakan sebagian dari hewan yang hidup di Asia Tenggara. Bisakah kamu menemukan hewan lainnya? Catatlah temuanmu pada tempat yang telah disediakan.



Cara Perkembangbiakan Hewan

Kelompokkanlah hewan-hewan yang ada di dalam teks dan yang kamu temukan ke dalam diagram Venn berikut berdasarkan cara perkembangbiakannya.



Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya.  Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak? 



Ovovivipar

Adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Ada, contohnya adalah ular. Berapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anakanaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus beranak (ovovivipar). Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan ovovivipar lainnya?

Berdasarkan bacaan di atas, lengkapilah diagram dengan menambahkan contoh hewan lainnya.

Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.



Manfaat perkembangan secara ovipar:
1. Embrio terlindung dari lingkungan karena adanya cangkang.
2. Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber pretein air serrta dapt melindungi embrio dari guncangan serta benturan
3. Di dalam cangkang telur dilengkapi dengan kuning telur sebagai candangan makanan embrio
4. Telur dapat ditempatkan di sarang ang telah dibangun oleh induknya sehingga terlindungi dari predator.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar:
1. Induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator
2. Kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.









Powered by Blogger.