Bentang Alam dan Keadaan Iklim Wilayah Indonesia (Halaman 95)

Bentang Alam dan Keadaan Iklim Wilayah Indonesia

Bentang Alam

Bentang alam wilayah Indonesia yang bervariasi tidak terlepas dari keadaan iklim di Indonesia. Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif lama. Adapun cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, dan sinar matahari pada waktu pendek dan tempat tertentu. 

Letak astronomis Indonesia yang berada  di wilayah tropis membuat Indonesia beriklim tropis. Ciri iklim tropis adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, dengan rata-rata tidak kurang dari 180C, yaitu sekitar 270C Di daerah tropis tidak ada perbedaan yang jauh antara suhu pada musim hujan dengan suhu pada musim kemarau. Ciri iklim tropis lainnya adalah lamanya siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.

Keadaan Iklim

Keadaan iklim di Indonesia secara umum sebagai berikut. 

Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan sekali. 
1.  Iklim laut, terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Iklim Indonesia sangat dipengaruhi oleh laut dan lautan. Laut dan lautan Indonesia mengakibatkan tingginya penguapan. Wilayah yang memiliki tingkat penguapan yang tinggi, juga akan memiliki curah hujan yang tinggi. 

2. Iklim panas, terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan



Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 
1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia? 
2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia? 
3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia! 

Jawab: 
1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
Musim penghujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai dengan April.

2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
Musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan April sampai dengan Oktober.

3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Angin muson disebut juga dengan angin musim adalah angin periodik yang terjadi di samudra Hindia dan di sebelah selatan Asia. Angi ini bertiup dari arah barat daya India dan wilayah-wilayah sekitarnya ditandai dengan curah hujan yang tinggi.



***

Tahukah kamu bahwa bentang alam, kondisi fisik wilayah, dan keadaan iklim berpengaruh terhadap besar dan beragamnya flora dan fauna? Begitu juga yang terjadi di Indonesia.

Powered by Blogger.