Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari (Halaman 67)

Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari 

Banyak sekali contoh perubahan energi dan pemanfatannya yang ada di sekitar kita. Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi. Macam-macam energi sebagai berikut: 





  1. Energi Bunyi. Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.
  2. Energi Panas. Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor. 
  3. Energi Listrik. Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak. 

Nah, dari bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:
1. Energi Listrik
Energi Panas Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika.
2. Energi Listrik
Energi Gerak Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender.
3. Energi Panas
Energi Panas Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.
4. Energi Cahaya
Energi Listrik Contohnya penggunaan panel surya.
5. Energi Listrik
Energi Panas Contohnya penggunaan alat pengering rambut ( airdryer).
6. Energi Gerak
Energi Bunyi Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan

Begitu banyak contoh perubahan energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Sekarang bersama kelompokmu, temukan contoh-contoh lain perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari kita.


Sumber: Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Revisi 2017
Powered by Blogger.