Percobaan Sifat-sifat Cahaya (Halaman 8)

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih merenungi jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu.

Dayu bisa melihat dirinya di air kolam

Dayu terus merenung sambil memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah kamu mengapa Dayu bisa melihat dirinya di air kolam? Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang cahaya nmelalui percobaan berikut.

Sifat-sifat cahaya

Cahaya merambat lurus
Cahaya menembus benda bening

Cahaya dapat dipantulkan


Cahaya dapat dibiaskan.



  1. Cahaya merambat lurus. Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!
  2. Cahaya menembus benda bening. Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. Cahaya dapat dipantulkan. Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul!
  4. Cahaya dapat dibiaskan. Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar laporan berikut.

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya


Sumber: Buku Tematik Kelas 4 Tema 5 Revisi 2017

Powered by Blogger.