Penghematan Sumber Energi Minyak Bumi (Halaman 44)



Penghematan Sumber Energi Minyak Bumi

Minyak bumi adalah merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.

Minyak bumi adalah merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

***

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas.

1. Kita sebagai warga negara mempunyak hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh. 


2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?


3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya. 


4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.


5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!



Powered by Blogger.