Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem (Halaman 107 dan 108)

Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia 

1. Penebangan dan pembakaran hutan.




Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demi membuka lahan pertanian, permukiman, serta mengambil kayu dari hutan sebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. Kegiatan terhadap Keseimbangan Ekosistem tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul. Hal semacam ini memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan. Beberapa populasi tumbuhan berkurang bahkan punah, beberapa hewan yang masih hidup kehilangan tempat tinggal.

2.  Penggunaan Bahan-bahan Kimia dan Pestisida secara Berlebihan


Salah satu contoh penggunaan bahan kimia adalah  penggunaan  detergen  sebagai  bahan  pembersih.  Detergen menghasilkan busa yang dapat mencemari  lingkungan. Busa detergen akan menutupi permukaan  perairan  sehingga  sinar  matahari  tidak  dapat  menembus perairan. Proses fotosintesis tumbuhan air  menjadi terganggu. Akibatnya tumbuhan kekurangan  makanan  dan  akhirnya  mati.  Contoh  lainnya  adalah  penggunaan  pestisida  yang  berlebihan  untuk  memberantas hama tanaman. Penggunaan pestisida  berlebihan  dapat  membunuh  hewan  lain  yang  lebih  menguntungkan.

3. Eksploitasi Sumber Daya Laut


Eksploitasi  sumber  daya  laut  umumnya  berupa  penangkapan  ikan  secara  tidak  bertanggung  jawab.  Misal  dengan  menggunakan  bom  atau  racun.  Penggunaan bom dan racun selain mematikan ikanikan kecil, juga akan merusak terumbu karang. 

4. Perpindahan Penduduk

Perpindahan  penduduk  mengakibatkan  daerah  yang didatangi menjadi sangat padat karena jumlah 
pemukiman  terbatas.  Kepadatan  jumlah  penduduk  ini  akan  memicu  terbentuknya  pemukiman  kumuh.  Lingkungan kotor di pemukiman kumuh memengaruhi  kualitas  kesehatan  manusia  dan  menyebabkan  pencemaran  lingkungan  semakin meningkat. 

5. Penggunaan Kendaraan Bermotor


Dalam menjalankan kendaraan bermotor dibutuhkan  bahan  bakar.  Namun,  pembakaran  bahan  bakar  tersebut  menghasilkan  gas  karbon  dioksida  yang  mencemari udara. 

6. Perburuan Liar


Perburuan liar terhadap hewan dan tumbuhan dapat  mengakibatkan  kelangkaan  hewan  dan  tumbuhan  tersebut.  Jika  tidak  dihentikan,  perburuan  liar  dapat  mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan  ekosistem menjadi terganggu.

7. Perusakan Terumbu Karang


Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan  laut.  Warnanya  yang  indah  membuat  sebagian  masyarakat   mengambilnya  untuk  dijadikan  hiasan.  Pengambilan  ini  tentu  mengancam  keberadaan  terumbu  karang.  Akibatnya,  ikan-ikan  kehilangan  tempat tinggal. Ekosistem laut menjadi terganggu. Jika  dibiarkan, lambat laun ikan-ikan akan punah.

Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan.

Lengkapilah peta pikiran berikut.

Peta Pikiran Manusia dan Lingkungan
Manusia dan Lingkungan



Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Apa saja perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan?


  1. membuang sampah sembarangan
  2. menebang pohon secar aliar
  3. melakukan pembakaran lahan
  4. membakar sampah
  5. membuang limbah ke sungai
  6. merusak terumbu karang
  7. berburu hewan yang hampir punah
  8. tidak berhati-hati dalam menggunakan bahan kimia
  9. membuang bahan kimia sembarangan
  10. membuang alat dan bahan berbahaya ke sungai




Kesimpulan

Kita tinggal di sekitar lingkungan yang perilaku dan kegiatan orang-orang di sekital kita dapat merusak lingkungan. Hal ini juga harusnya menjadi patokan untuk kita, agar tidak ikut-ikutan seperti mereka dan tetap menjaga lingkungan.



Powered by Blogger.