Latihan Soal UNBK Bahasa Indonesia SMP

Bacalah Teks Berikut!

     Daun bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini dibudidayakan oleh masyarakat sebagai persediaan tanaman obat-obatan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun ini sering digunakan untuk pengobatan penyakit kulit, penyakit mata, dan bronkitis, serta sebagai antiseptik, antijamur, dan anti-inflamasi. Selain itu, daun bidara dapat mengatasi haid tidak lancar, mencegah kanker dan tumor, menghilangkan depresi, dan lain-lain.

     Selain dijadikan obat tradisional, daun bidara juga dipercaya dapat mengobati gangguan jin dan sihir. Pada praktiknya, daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir-sihir.  Dengan demikian, dapat dipahami bahwa daun bidara mampu digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional serta mengobati gangguan jin dan sihir.

1.Ide pokok yang terdapat pada teks tersebut adalah ....

A.daun bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional dan mengobati gangguan jin dan sihir oleh masyarakat.

B.obat untuk mengatasi gangguan jin dan sihir hanya daun bidara.

C.tidak hanya daun bidara, buah bidara juga mampu mengatasi penyakit.

D. tanaman ini dibudidayakan oleh masyarakat sebagai persediaan tanaman obat-obatan.

Bacalah teks berikut!

     Persoalan sampah di perkotaan tak kunjung selesai. Sebagian besar sampah konsumsi warga perkotaan merupakan sampah tidak mudah terurai, salah satunya plastik. Semakin menumpuknya sampah plastik menimbulkan pencemaran serius.

     Menurut Riset Greeneration, organisasi nonpemerintah yang 10 tahun mengikuti isu sampah, satu orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun. Kondisi ini menjadi salah satu pemicu Indonesia dalam kondisi darurat sampah.

     Salah satu usaha mengurangi sampah plastik adalah dengan membawa kantong belanja sendiri sejak dari rumah. Kantong belanja yang digunakan bisa menggunakan kantong yang terbuat dari kertas atau kardus.

2.Isi tersirat pada teks eksposisi berikut adalah ....

A.Penggunakan sampah plastik di Indonesia harus dikurangi.

B.Satu orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun.

C.Persoalan sampah plastik tak kunjung selesai.

D.Sampah yang tidak dapat terurai hanya sampah plastik.

Bacalah kutipan fabel berikut ini!

     Pada suatu hari yang cerah, terdapat seekor beruang cokelat yang selalu lapar. Ia setiap hari selalu menunggu ikan di sungai deras dekat hutan. Teman-teman lainnya sering sekali menertawakannya. Makanya, ia sering sekali menyendiri di sungai deras, bukan hanya pada saat makan siang.

3.Bagian kutipan fabel di atas adalah ...

A.orientasi

B.komplikasi

C.resolusi

D.penyelesaian

Bacalah teks cerpen berikut!

    Baru-baru ini aku nikah sama laki-laki yang selama ini jadi pacarku, Boim. Akhirnya, aku sama Boim mulai tinggal di rumah kontrakan. Gak disangka-sangka, dia jago banget beresin barang, naro barang-barang di tempatnya. Setiap barang dia taro di tempat yang beda-beda. Ada tempat tersendiri buat benda, pakaian, meja, kursi, beras, bumbu, tempat sampah. Aku kagum sama kepiawaiannya naro barang-barang. Kontrakan kami jadi kelihatan luas dan lega. Ah, andai dari dulu aku sudah menikahinya.

4.Komentar yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan cerpen tersebut adalah...

A.Banyak menggunakan kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi cerita tersebut.

B.Bahasa yang digunakan dalam cerpen tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi cerita tersebut.

C.Kalimat yang digunakan dalam cerpen menggunakan kalimat yang panjang-panjang sehingga membosankan pembaca.

D.Cerpen tersebut banyak menggunakan ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.

Bacalah teks laporan berikut!

1.)Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.)Cuci koin tembaga dengan detergen ringan untuk memastikan permukaan koin dalam keadaan bersih.
3.)Peras lemon tanpa memotongnya. Kamu bisa menggulirkan lemon di atas meja dengan menekannya sedikit.
4.)[...]
5.)Sisipkan koin dan paku ke dalam lemon yang sudah disayat. Koin harus menancap dengan kuat di dalam torehan yang baru saja kamu buat. Paku harus ditancapkan ke dalam lemon sekitar 2 cm dari posisi koin.
6.)Pasang klem voltmeter pada paku dan koin. Gunakan salah satu klem voltmeter untuk menjepit paku dan klem lainnya untuk menjepit koin.
7.)Amati lalu catat dan dokumentasikan hasil pengamatan.

5.Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah....

A.Potong lemon menjadi dua bagian; bagian yang pertama disimpan untuk penelitian selanjutnya dan bagian lainnya ditambahi garam.

B.Tusuk paku menggunakan palu yang sudah disiapkan.

C.Buatlah sayatan kecil pada kulit di bagian tengah lemon. Sayatan harus cukup dalam sehingga kamu bisa menyisipkan koin tembaga ke dalam lemon.

D.Masukkan lemon dan madu ke dalam gelas yang sudah berisi air mendidih.

Bacalah teks deskripsi berikut!

      Kucing adalah hewan mamalia yang dikenal jinak dan akrab dengan manusia. Terbukti dengan beberapa jenisnya yang menjadi peliharaan bagi banyak orang. Manusia juga kerapkali memperlakukan kucing sebagai salah satu anggota keluarga. Misalnya saja dengan mengkhususkan tempat tidur, tempat makan, dan lain sebagainya. Hewan berbulu yang lucu dan manis ini sebenarnya tergolong ke dalam hewan karnivora, yang cenderung bersifat predator. Karena sifatnya yang jinak, hewan ini tidak tergolong ke dalam kategori hewan buas. Kucing juga tergolong hewan yang sangat suka bermain. Seringkali ia menggaruk-garukkan cakarnya di karpet atau sofa. Jika sedang ingin bermain, ia seringkali melakukan aksi-aksi yang mengundang perhatian majikannya. Misalnya saja dengan mengelus-eluskan bulu tubuhnya di bagian kaki majikannya dan lainnya.

6.Teks tersebut diungkapkan kembali dengan teks cerpen adalah ....

A.Aku Molly, kucing persia yang dibawa Teteh dari rumahnya di Bandung. Dulu, aku memiliki banyak teman: Rere, si kucing anggora; Lolly, si kucing russianblue; Milla, si kucing britania; Momo, si kucing ragdoll; Lila, si kucing siam, dan masih banyak lagi. Namun, kini aku merasa kesepian. Di hadapanku hanya ada si Teteh. “Molly! Molly! Makan ikannya Molly!” atau “Molly, sini temenin aku ngerjain tugas.” Atau “Molly, hari ini aku sebel deh sama Nina,”. Teteh selalu mengajakku bicara.

B.Kucing adalah hewan mamalia yang dikenal jinak dan akrab dengan manusia. Seperti Molly, kucing persia dari Bandung. Kucing Persia biasanya senang bermain dan manja kepada majikannya. Kucing ini sering memandikan badannya dengan menjilat-jilat. Kucing persia terkenal dengan bulunya yang halus. Bulunya juga tidak mudah rontok, apabila sering dirawat dengan serum khusus kucing.

C.“Meow! Meow! Meow!” begitu suara kucingku, Molly. Sama sih dengan kucing-kucing lain. Molly, kucing persia yang kubawa dari rumahku di Bandung. Sebenarnya, ada banyak jenis kucing di sana, ada anggora, russianblue, britania, ragdoll, siam, dan lain-lain, tapi aku gak ada tempat lagi buat membawanya. Jadi, aku hanya membawa satu, yaitu Molly. Molly jinak dan manja sekali, ia sering mengelus-eluskan bulunya ke kakiku, tidur ke kasurku. Tapi, kadang, dia suka merusak sofaku dengan cakarnya.

D.Semua jenis kucing bisa menjadi individu yang ramah, penyayang, dan bersahabat, dan semua jenis kucing memang memiliki sifat yang berbeda. Sifat penyayang tersebut  dapat terjalin antara binatang peliharaan dan pemiliknya, tetapi ada jenis kucing yang memang memiliki sifat bersahabat dan penyayang.


Perhatikan kalimat berikut!

Bus Pariwisata Bogor—Bandung sudah dinyatakan laik darat

7.Penggunaan kata yang tepat untuk memperbaiki kata bercetak miring adalah ....

A.naik

B.turun

C.jalan

D.belok\

Bacalah paragraf berikut!

     (1) Merokok merupakan salah satu faktor gaya hidup yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada masyarakat. (2) Bukan hanya itu, merokok juga memiliki dampak buruk terhadap pembentukan karakter. (3) Pembentukan karakter tersebut dipengaruhi oleh faktor organis dan faktor nonorganis. (4) Faktor organis dibentuk oleh faktor genetik dan intergeritas kerja sistem orang tubuh. (5) Tercatat setidaknya 15 ribu remaja meninggal karena merokok.

8.Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat terakhir seharusnya diganti menjadi ....

A.Penurunan daya tahan tubuh sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit infeksi.

B.Pasalnya, orang-orang yang ada di sekitar perokok pun berisiko tinggi terkena efek rokok tersebut, meskipun mereka sendiri tidak merokok.

C.Sementara itu, faktor nonorganis berhubungan dengan faktor lingkungan seseorang.

D.Bahaya merokok bagi kesehatan ini akan lebih cenderung meningkat jika para perokok pasif menghirup napas yang dikeluarkan oleh perokok aktif.

Perhatikan paragraf berikut!

     1) Sejak zaman Jepang, Mochtar Lubis mulai aktif di bidang kewartawanan

     2) Saat itu, ia bekerja memonitor siaran radio sekutu di luar negeri

     3) Berita yang dengar, lalu ditulis dan dilaporkan kepada Gunseikanbu, kantor pemerintah Bala Tentara Dai Nippon.

    4) Selain menulis, ia membaca novel di tengah-tengah waktu bekerja.

9.Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ....

A.(1) tidak berkaitan dengan (2), (3), dan (4)

B.(2) tidak berkaitan dengan (1), (3), dan (4)

C.(3) tidak berkaitan dengan (1), (2), dan (4)

D.(4) tidak berkaitan dengan (1), (2), dan (3)

Bacalah paragraf berikut!

    Lingkungan pergaulan dapat mengubah kepribadian para remaja. Remaja dengan lingkungan pergaulan yang baik dapat menimbulkan kepribadian yang lebih baik daripada remaja dengan lingkungan pergaulan yang kurang baik. Peran orangtua, guru, teman, dan masyarakat berupa teladan dan [...] sangatlah dibutuhkan untuk menghadapi masalah dalam pergaulan remaja.

10.Kata yang tepat untuk mengisi bagian teks yang rumpang adalah ....

A.masukan

B.nasihat

C.kritik

D.pelajaran

Powered by Blogger.