Mengenal Tata Surya (Halaman 17)



Tata surya kita terdiri atas delapan planet. Kedelapan planet tersebut mengelilingi Matahari sebagai pusatnya. Perhatikan dengan saksama planet-planet itu, berilah nama! Setiap planet dalam tata surya kita memiliki ciri dan keunikan masing-masing. Tahukah kamu ciri dan keunikan planet-planet itu?

Mengenal Tata Surya

Matahari

Manusia mempelajari sistem tata surya melalui penelitian. Mereka melakukannya selama bertahun- tahun untuk menjawab misteri tentang ruang angkasa. Ada apa di sistem tata surya kita? Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusatnya. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Di sekeliling bola berpijar, ada lingkar cahaya berisi gas panas yang disebut corona. Suhu di permukaannya hampir 6000 derajat Celsius. Suhu inti Matahari mencapai 15.000.000 derajat Celsius. Percikan panasnya dapat membakar segala sesuatu hingga 97 kilometer. Namun, Matahari hanya tergolong bintang sedang. Masih banyak bintang besar yang jauh lebih besar dan lebih panas dari matahari.


Merkurius

Planet apa yang terdekat dengan Matahari? Planet ini bernama Merkurius. Planet Markurius berjarak limapuluh delapan juta kilometer dari Matahari. Merkurius sulit terlihat di langit pada malam hari jika dilihat dari Bumi. Markurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Keunikan dari Merkurius adalah melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.
Venus

Planet berikutnya adalah planet Venus. Planet Venus merupakan planet terdekat dari Bumi. Venus lebih panas dibanding Merkurius yang lebih dekat dengan Matahari. Hal ini terjadi karena Plabet Venus memiliki lapisan atmosfer tebal yang dilapisi awan. Oleh karena itu, pancaran sinar Matahari terperangkap di dalamnya. Awan yang mengelilingi Venus menjadi salah satu keunikan planet ini. Awan tersebut terlihat indah karena memantulkan cahaya Matahari. Selain itu, Venus menjadi planet paling terang di antara planet-planet dalam sistem tata surya. Venus melakukan rotasi dengan arah yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lainnya. Venus berotasi searah dengan jarum jam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

Bumi

Planet ketiga adalah Bumi yang disebut sebagai Planet Biru. Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru. Bumi diselimuti oleh udara tebal yang disebut atmosfer. Fungsi dari atmosfer untuk menyaring panas dari Matahari sehingga tidak terbakar.

Mars

Planet setelah Bumi adalah Mars. Mars dijuluki sebagai Planet Merah. Planet ini disebut-sebut paling
menyerupai Bumi. Satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di Bumi. Ia juga memiliki kutub yang diselimuti es. Suhu udara di Mars lebih dingin daripada suhu di Bumi, yaitu sekitar 63 derajat Celsius di bawah nol, karena letak Mars yang lebih jauh dari Matahari dibanding Bumi. Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi.

Jupiter

Planet kelima adalah planet Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. Suhu di planet ini pun sangat rendah, mencapai kurang lebih minus 100 derajat Celsius. Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas. Letak inti planetnya pun jauh di tengah. Planet ini memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa.

Saturnus

Planet keenam dalam sistem tata surya adalah planet Saturnus. Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Cincin tersebut terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbit mengelilingi planet tersebut. Saturnus merupakan gas raksasa yang berputar sangat cepat. Hal ini menyebabkan bagian ekuatornya menggembung. Oleh sebab itu, kutubnya tampak lebih datar dibanding planet lainnya. Saturnus memiliki beberapa satelit yang lebih banyak dibanding Bumi yang hanya memiliki satu. Salah satu satelit yang paling terkenal yang mengelilingi Saturnus adalah Titan.

Uranus

Planet Uranus merupakan planet ketujuh dalam sistem tata surya. Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Suhu planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat Celsius.

Neptunus

Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap dari kejauhan dan tidak memiliki permukaan yang nyata. Sama halnya dengan Jupiter, Saturnus, dan Uranus,planet ini juga terdiri atas gumpalan gas. Atmosfernya dipenuhi dengan gas metana, dan sering terjadi badai yang sangat besar. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.

Sumber : Buku Tematik Tema 9 Kelas 6, Puskurbuk, 2015


Informasi Ukuran dan Jarak Planet

Merkurius

Kala Rotasi : 59,0 Hari
Kala Revolusi : 87,97 Hari
Atmosfer : Uap Natrium, Kalium yang tipis
Satelit Alam : -
Jarak Ke Matahari : 57,9 Juta km
Diameter Planet : 4,875 km
Suhu Siang/Malam : 430°C/-170°C

Venus

Kala Rotasi : 243,0 Hari
Kala Revolusi : 224,7 Hari
Atmosfer : Karbon Dioksida (CO₂), Nitrogen
Satelit Alam : -
Jarak Ke Matahari : 108,2 Juta km
Diameter Planet : 12.119 km
Suhu Siang/Malam : 470°C/-200°C

Bumi
Kala Rotasi : 23,9 Jam
Kala Revolusi : 365,1/4 Hari
Atmosfer : N, O₂, ARGON, CO₂, OZON, Gas lain
Satelit Alam : (1) Bulan
Jarak Ke Matahari : 150 Juta km
Diameter Planet : 12,757 km (khatulistiwa)
Suhu Siang/Malam : 30°C/10°C

Mars

Kala Rotasi : 24,62 Jam
Kala Revolusi : 678 hari
Atmosfer : Karbon Dioksida , Nitrogen, Oksigen, Argon, Gas lain
Satelit Alam : (2) Phobos dan Deimos
Jarak Ke Matahari : 230 Juta km
Diameter Planet : 6.760 km
Suhu Siang/Malam : 6°C/-70°C

Jupiter

Kala Rotasi : 9 jam 55 menit
Kala Revolusi : 11,9 tahun
Atmosfer : Hidrogen, Helium, Metana, Air, Etana, dsb
Satelit Alam : (63) di antaranya Europa, Ganymede, Callisto
Jarak Ke Matahari : 778,3 Juta km
Diameter Planet : 142.796 km
Suhu Siang/Malam : 21°C/-140°C

Saturnus

Kala Rotasi : 10, 2 jam
Kala Revolusi : 29,46 Tahun
Atmosfer : Hidrogen, Helium, Metana, Air, Etana, dsb
Satelit Alam : (56) di antaranya Dione, Rhea, Titan
Jarak Ke Matahari : 1,4 milyar km lebih
Diameter Planet : 120.000 km
Suhu Siang/Malam : -190°C/-190°C

Uranus
Kala Rotasi : 17,25 Jam
Kala Revolusi : 84, 02 tahun
Atmosfer : Hidrogen, Helium, Metana, Air, Amonia, dsb
Satelit Alam : (27) di antaranya Miranda, Ariel, Umbriel
Jarak Ke Matahari : 3 milyar km
Diameter Planet : 50.800 km
Suhu Siang/Malam : -180°C/-180°C

Neptunus
Kala Rotasi : 16,1 Jam
Kala Revolusi : 165 tahun
Atmosfer : Hidrogen, Helium, Metana, Air, Amonia, dsb
Satelit Alam : (8) di antaranya Triton, Proteus, Nereid
Jarak Ke Matahari : 4.450 juta km
Diameter Planet : 44.600 km
Suhu Siang/Malam : -220°C/-220°C


Powered by Blogger.