Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Bunga (Halaman 6)

Salah  satu  contoh  tumbuhan  yang  berkembang  biak  dengan  bunga  adalah   tumbuhan  jagung.  Tepung  sari  pada  bunga  jagung  akan  terbang  terbawa   angin  ketika  angin  bertiup.  Tepung  sari  yang  terbawa  angin,  sebagian  akan   jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung  yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan  generatif

Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif?

Amatilah bagian–bagian bunga sempurna berikut ini.
Gambar bagian-bagian bunga
  1. Perkembangbiakan generatif  (secara  kawin)  terjadi  melalui  proses   penyerbukan dan pembuahan.
  2. Perkembangbiakan  generatif  pada    tumbuhan    diawali    dengan    penyerbukan,  yaitu  melekatnya  atau  jatuhnya  serbuk  sari  ke  kepala  putik.
  3. Setelah  terjadi  penyerbukan,  pada  serbuk  sari  tumbuh  buluh  serbuk  sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
  5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  6. Zigot  berkembang  menjadi  lembaga,  lembaga  berkembang  menjadi  bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
  8. Tumbuhan  yang  berkembang  biak  secara  generatif  antara  lain:  padi,   mangga, durian, dan jambu
Penyerbukan

Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat jenis, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan silang, penyerbukan tetangga, dan penyerbukan bastar.

Cara Penyerbukan

1) Penyerbukan dengan bantuan hewan

Penyerbukan dengan bantuan hewan


     Penyerbukan dengan bantuan hewan terjadi pada bunga mawar, melati dan durian.

2) Penyerbukan dengan bantuan manusia
Penyerbukan dengan bantuan manusia




3) Penyerbukan dengan bantuan air terjadi pada tanaman air seperti lamun/thalasia dan hydrilla.

Penyerbukan dengan bantuan air

4).Penyerbukan dengan bantuan angin, terjadi pada padi, jagung, gandum, dan rerumputan.

Ciri-ciri tanamannya adalah: Mahkota bunga berukuran kecil dan tidak berwarna.Serbuk sari kering, ringan, dan banyak.Tidak berbau dan tidak berkelenjar madu.Kepala putik terjulur keluar.

Penyerbukan dengan bantuan angin


Keunggulan dan manfaat perkembang biakan generatif

Keunggulan pembiakan secara generatif adalah sistem perakarannya yang kuat. Tanaman yang ditanam berasal dari biji sering digunakan sebagai batang bawah untuk okulasi maupun penyambungan. Selain itu karena sistem perakarannya kuat tanaman yang berasal dari pembiakan generatif sering digunakan sebagai tanaman penghijauan di lahan kritis untuk konservasi lahan.

Manfaat perkembang biakkan generatif


Kelemahan dari pembiakan generatif yaitu sifat biji yang dihasilkan sering menyimpang dari sifat pohon induknya. Jika biji tersebut ditanam, dari ratusan atau ribuan biji yang berasal dari satu pohon induk yang sama akan menghasilkan banyak tanaman baru dengan sifat yang beragam.

Powered by Blogger.