Barang Impor dalam Usaha di Sekitar Kita (Halaman 63)





Amati gambar dan tuliskan hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang  kegiatan wirausaha pada gambar di atas dalam bentuk pertanyaan.


Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan salah seorang teman.
Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu.


Apa manfaat yang kamu peroleh dari usaha-usaha tersebut?


Perhatikan  kembali  gambar  usaha  fotokopi,  pangkas  rambut,  dan  bengkel  sebelumnya.
Sumber daya dan peralatan apa saja yang digunakan dalam usaha-usaha di  atas? Jelaskan.


Apakah  seluruh  sumber  daya  dan  peralatan  yang  digunakan  hanya  berasal  dari dalam negeri? Jelaskan.

 

Dalam menjalankan roda  perekonomian, suatu  negara tidak dapat berdiri  sendiri. Namun, diperlukan  kerja sama dengan negara  lain. Salah satu contohnya adalah kerja sama di antara negara-negara  ASEAN.

Mari kita ambil contoh sederhana dari usaha yang terdapat pada gambar tadi, yaitu usaha pangkas rambut. Untuk menjalankan usaha tersebut, sumber daya yang digunakan bisa berasal dari dalam negeri, misalnya sumber daya manusia, kursi, dan meja. Namun, ada juga sumber daya yang berasal dari luar  negeri, misalnya mesin cukur dan peralatan lainnya. 

Begitu pula dengan usaha fotokopi dan bengkel. Sebagian sumber daya  ada yang berasal dari dalam negeri, dan ada pula yang didatangkan dari  luar negeri, seperti mesin fotokopi dan suku cadang untuk kendaraan bermotor.


Kegiatan mendatangkan atau memasukkan barang dagangan atau komoditas dari luar negeri disebut mengimpor. Kegiatan mengirim barang dagangan atau komoditas ke luar negeri disebut mengekspor.








Powered by Blogger.