Rantai Makanan (Halaman 61)



Apakah sarapan pagimu hari ini? Adakah di antaramu yang sarapan dengan telur ayam? Lezat, bukan? Salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu. Telur merupakan salah satu makanan protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu. Tahukah kamu berasal dari manakah telur yang kamu makan saat sarapan? Dari manakah kita mendapatkan telur ayam?
Telur yang kita makan pada saat sarapan berasal dari hewan ayam. Telur ayam yang kita makan biasanya didapatkan dengan cara membeli di warung atau pedagang telur.

Gambar Menu Sarapan dengan Telur

Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur?

Ayam mendapatkan energi dari makanan yang dimakan oleh ayam. Telur ayam yang kita makan sebenarnya merupakan bahan makanan yang diperuntukan bagi anak ayam selama masih dalam cangkang telur.

Rantai Makanan




 
1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?
2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!
3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan!

4. Rantai makanan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?
Powered by Blogger.