Upaya Warga Masyarakat dalam Pembangunan Sosial Budaya (Halaman 24)

Masyarakat Indonesia yang hidup tersebar di berbagai wilayah Indonesia  memiliki beragam karakteristik. Karakteristik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda-beda. Perbedaan tersebut mencakup aspek seni, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia hendaknya menjaga interaksi yang baik. Interaksi yang baik, perbedaan tersebut dapat mendukung pembangunan nasional.

Setiap warga negara hendaknya memahami bahwa perbedaan merupakan kodrat dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kamu harus mengelola perbedaan tersebut menjadi suatu kekuatan. Ada tiga teori sosial budaya di Indonesia yang hingga kini berlaku di masyarakat yaitu musyawarah, paternalistik, dan gotong royong. Budaya ini apabila dikembangkan akanmendukung pembangunan nasional. Selain itu, musyawarah, paternalistik, dan gotong royong juga akan mendukung ketahanan aspek sosial budaya yang tangguh. Untuk menambah pengetahuan, lakukan kegiatan berikut.

Amatilah di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi upaya warga masyarakatnya dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya. Tuliskan hasilnya pada kolom seperti berikut.

Upaya masyarakat dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya damaruta.com
Upaya masyarakat dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya

Warga masyarakat Indonesia harus bertanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman sosial budaya. Dengan demikian, setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama. Tanggung jawab tersebut di antaranya menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan.

Di sini dapat disimpulkan bahwa kekuatan masyarakat terletak pada ikatan kerja sama.
Powered by Blogger.