Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional (Halaman 101)

Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional



Sanggar tari merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas seni warga masyarakat, khususnya dalam hal seni tari. Di sinilah tempat berkumpul mereka yang ingin mengenal lebih dekat tentang tarian tradisional khas daerah mereka. Sanggar tari juga tempat berkumpul para penari di daerah sekitar yang ingin memajukan dan melestarikan budaya daerah mereka.

Salah satu sanggar tari yang aktif dalam melestarikan tarian tradisional daerah mereka adalah Sanggar Tari Kambang Tigarun dari Kalimantan Selatan. Sanggar tari ini memiliki misi menumbuhkan dan memupuk cinta budaya nusantara khususnya daerah Kalimantan Selatan sehingga tetap lestari. Sanggar tari ini juga menciptakan berbagai kegiatan seni di lingkungan sendiri yang kelak dapat maju hingga ke jenjang internasional sehingga dapat mengharumkan nama bangsa.

Sanggar Tari Kambang Tigarun ini tidak membatasi anggotanya. Semua dapat menjadi anggota, baik itu mereka yang baru masuk ke dunia seni tari ataupun mereka yang memang sudah lama berkecimpung di dunia tari. Hal ini tetap mengacu pada tujuan didirikannya sanggar ini yakni mewadahi para muda-mudi Kalimantan Selatan untuk menyalurkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang seni tari.

---

Sanggar tari merupakan contoh sebuah pembangunan sosial budaya. Berlandaskan pada keberagaman yang terdapat di dalam keanggotaan organisasi, sanggar tari ini pun menjalani kiprahnya sebagai sebuah wadah bagi para pemuda dan pemudi Kalimantan Selatan untuk secara positif mengembangkan bakat dan kemampuan diri.

--- 
Sanggar Tari Kembang Tigarun 

Anggota Sanggar Tigarun Kalimantan Selatan (Sumber: Facebook)



  • Siapa sajakah yang menjadi anggota di sanggar tari tersebut? Sanggar tari Kambang Tiga Arum berangotakan orang yang baru masuk dan orang yang sudah lama berkecimpung di dunia tari.
  • Berasal dari manakah anggota sanggar tari di dalam gambar buatanmu? Para muda-mudi Kalimantan Selatan
  • Apakah mereka memiliki latar belakang sosial ekonomi yang sama atau berbeda? Jelaskan! Mereka memiliki latar belakang sosial ekonomi yang berbeda karena semua dapat menjadi anggota Sanggar Tari ini.

---
Buatlah sebuah cerita singkat tentang keberagaman yang terdapat dalam sanggar tari Kambang Tigarun berdasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas.

Keberagaman Di Sanggar Tari Kambang Tiga Arum

Sanggar Tari Kambang Tigarun Kalimantan Selatan adalah salah satu wadah atau tempat yang digunakan untuk menyalurkan minat, bakat, kemauan dan kebiasaan dalam menari baik itu tarian tradisional maupun modern.

Keberagaman di Sanggar Tari Kambang Tiga Arum terlihat dari anggotanya yang merupakan orang-orang yang baru mengenal dan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia tari. Selain itu keberagaman juga dapat dilihat dari para penari yang ada dalam sanggar yang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda.

Sanggar tari merupakan sebuah contoh swadaya masyarakat untuk pembangunan sosial budaya di daerah mereka.


Powered by Blogger.