Nama Hewan dan Makanannya (Halaman 6)

Gambar Tabel Besar Hewan dan Makanannya

Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut! Alat-alat dan bahan yang diperlukan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas.
 

Langkah-langkah kegiatan:
1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar hewan yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
2. Dengan menggunakan penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut!



Hewan dengan Golongan Makanan Tumbuhan (Herbivora)


  • Herbivora pemakan jenis rumput. Herbivora pemakan jenis rumput makan banyak rumput dan daun-daun segar. Herbivora pemakan rumput antara lain sapi, kerbau, kambing, dan kelinci.
  • Herbivora pemakan jenis buah. Herbivora pemakan jenis buah terdiri dari bangsa kera,  bangsa burung, dan kelelawar.
  • Herbivora pemakan jenis biji-bijian. Herbivora pemakan jenis biji-bijian kebanyakan adalah bangsa burung. Hewan itu mempunyai paruh yang runcing dan kuat. Misalnya burung pipit dan burung betet.


Hewan dengan Golongan Makanan Hewan (Carnivora)



Hewan pemakan daging disebut karnivora. Hewan jenis ini mempunyai taring tajam dan kuat. Karnivora bangsa burung mempunyai paruh dan kuku yang tajam dan kuat. Beberapa hewan pemakan daging adalah sebagai berikut :
  • Bangsa burung : burung rajawali, burung elang
  • Bangsa reptil : buaya, ular, biawak
  • Bangsa ikan : hiu, arwana, piranha
  • Bangsa binatang buas : harimau, serigala


Hewan dengan Golongan Pemakan Tumbuhan dan Hewan (Omnivora)


  1. Gorila, memakan tumbuh tumbuhan, terkadang juga memakan serangga.
  2. Monyet, merupakan hewan omnivora yang biasa kita ketahui makan berbagai jenis sayuran, buah buahan, kacang kacangan, hewan kecil, maupun serangga. 
  3. Simpanse, merupakan hewan berbulu yang memakan tumbuh tumbuhan seperti buah buahan, biji bijian, bunga dari pohon, serangga seperti semut, rayap, dan lainnya.
  4. Orang utan, memakan tumbuh tumbuhan dan juga serangga. Meskipun mayoritas dari mereka hanya memakan tumbuh tumbuhan seperti kulit pohon, bunga, dedauanan, buah buahan, madu, nektar, jamur dan lainnya. Orang utan juga tidak perlu turun dari pohon untuk mencari minum, karena mereka bisa minum dari lubang lubang pada pohon yang terkumpul air dari air hujan. 
  5. Beruang, merupakan hewan omnivora yang memakan apa saja termasuk tumbuh tumbuhan maupun daging dari hewan kecil lain. Beruang memakan jenis buah buahan, tanaman, madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya. Beruang identik dengan makanan kesukaannya yaitu madu. 
  6. Luwak atau musang. Musang ini sebenarnya memakan buah buahan di kebun, seperti pisang, pepaya, dan lainnya. Musang juga memakan serangga, cacing tanah, moluska, tikus, dan hewan kecil lainnya. 
  7. Babi, memiliki bentuk hidung yang khas dan besar dengan telinga yang lebar. Babi merupakan hewan jenis omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput dan juga serangga.
  8. Burung Flaminggo, memakan alga biru dan hijau dan udang. Udang dan alga ini merupakan makanan utama yang kaya nutrisi untuk burung flaminggo. Bentuk paruh burung flaminggo berfungsi dalam menyaring makanannya. Warna tubuh mereka yang kemerahan merupakan efek dari tingginya beta karotin yang mereka konsumsi. Udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.
  9. Burung jalak,  memakan buah buahan seperti pisang, pepaya, dan juga serangga.
  10. Paus. Hewan laut ini merupakan hewan omnivora yang memakan crustaceae dan cumi cumi. Paus juga memakan krill dan copepoda meskipun di makan dalam jumlah yang tidak banyak.
  11. Lumba lumba. Lumba lumba memakan cumi cumi, ikan ikan kecil, plankton, dan lainnnya. 
  12. Bebek. Bebek biasanya makan tumbuh tumbuhan, rumput, dedak, cacing tanah atau juga daging bekicot yang diiris kecil-kecil.  
  13. Tikus. Tikus atau Rattus memakan beragam tumbuh tumbuhan seperti padi, jagung, kelapa dan juga hewan seperti serangga, ikan asin, dan lainnya.
  14. Ayam. Ayam selain memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput, buah, sayur, padi padian, biji bijian, selain itu mereka juga memakan serangga, cacing tanah, keong, dan lainnya. Ayam menemukan serangga yang ada di tanah dengan cara mengais ngaisnya.
  15. Burung Kasuari. Burung kasuari ini memakan buah buahan, serangga, yang berada di tanah.
  16. Tupai. Tupai memakan tumbuh tumbuhan seperti biji bijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lainnya. Contoh makanan yang paling khas dengan tupai adalah biji kenari. Selain itu tupai juga memakan serangga serangga kecil yang ada di pohon.
  17. Ikan Lele. Ikan lele merupakan jenis ikan omnivora karena memakan ganggang, lumut, tanaman air dan juga ikan kecil, serangga air, cacing tanah.  
  18. Serigala merah. Serigala identik dengan binatang buas pemakan daging. Namun jenis yang satu ini yaitu serigala merah memiliki tubuh yang lebih kecil dan merupakan mamalia omnivora. Serigala merah memakan tumbuh tumbuhan seperti buah, berry, dan rumput. Selain itu serigala merah juga memakan hewan yang lebih kecil dari tubuhnya seperti kelinci, udang karang, belalang, dan lainnya.
  19. Udang. Udang merupakan hewan laut yang masuk pada klasifikasi hewan omnivora karena memakan plankton, tumbuhan air sebagai tanaman dan daging dari hewan yang sudah mati, anak udang, dan ikan kecil.
  20. Racoon. Racoon merupakan omnivora yang memakan serangga, ikan, katak, siput, telur burung, sebagai daging dan tumbuh tumbuhan seperti kacang kacangan, buah buahan. Racoon juga terkadang memakan anak burung yang belum bisa terbang atau baru menetas, dan mamalia kecil lainnya yang ada di tanah.
  21. Berang berang. Beruang merupakan jenis hewan omnivora karena memakan tumbuh tumbuhan sekaligus memakan ikan ikan kecil di sungai.
  22. Beruang hitam. Beruang hitam ini termasuk omnivora karena memakan buah buahan, akar dan juga mamalia kecil, ikan, serangga, dan lainnya.
  23. Anjing hutan, termasuk omnivora karena memakan buah buahan, berry, rumput, carrio, dan juga memakan hewan yang lebih kecil darinya seperti kelinci, berang berang, tupai, ular, kadal, serangga, burung, dan hewan lainnya. 
Powered by Blogger.