Percobaan: Campuran Homogen dan Heterogen (Halaman 37)

Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran. Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran. Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran.

Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen. Ingatkah kamu dalam pembelajaran 2 bahwa zat campuran ada dua, yaitu campuran homogen dan heterogen?  Mari, mengidentifikasikan sifat campuran pada zat.

---

Mengidentifikasi Sifat Campuran 
Sebelumnya kita telah mempelajari tentang zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.
 
Langkah kerja:
 
1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.
2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.
 
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.



a. Campuran manakah yang tercampur sempurna?


b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?


Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan. Sedangkan campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Perbedaan Campuran Homogen dan Campuran Heterogen antara lain : Setiap bagian dari campuran homogen adalah serba sama (warna, rasa, dan perbandingan zat-zat tercampur sama). Contoh campuran homogen: Sesendok gula dilarutkan dalam segelas air.

Sedangkan pada campuran heterogen tidak sama (tidak sama warna, perbandingan zat tercampur dan konsentrasinya). Contoh campuran heterogen : Pasir yang dilarutkan dalam air.
Powered by Blogger.