Diskusi Kelompok Tentang Air (Halaman 104)


Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
  1. Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak? Kita biasa mencuci baju menggunakan sabun atau detergen. Sabun dan detergen dapat mengikat kotoran dan minyak pada baju sehingga baju menjadi bersih. Jika air yang digunakan mencuci pakaian tercampur minyak, kita harus menggunakan sabun atau deterjen yang lebih banyak supaya minyak tidak menempel pada baju yang dicuci. Namun, air bercampur minyak tidak dapat digunakan untuk membilas baju yang dicuci karena minyak akan menempel pada baju.
  2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman? Jika kita minum air tercemar kuman, kita akan sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya kita minum air yang sudah dimasak sampai mendidih dan disimpan dalam wadah tertutup.
  3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri? Limbah cari dari industri mengandung zat-zat kimia berbahaya. Jika limbah ini dibuang ke dalam sungai, kehidupan sungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan sungai akan mati.
  4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaanpertanyaan di atas? Kesimpulan berdasarkan analisis siswa. Guru dapat mengarahkan bahwa kualitas air memengaruhi kehidupan di bumi, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan.


Powered by Blogger.