Konferensi Berteman dalam Keragaman (Halaman 145)


Konferensi Berteman dalam Keberagaman




Ayo Berlatih

Ayo, belajar dari masalah yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan seharihari!

1. Ali, Amin, Rudi, dan Heri membentuk kelompok belajar. Seminggu dua kali mereka belajar di rumah masing-masing secara bergiliran. Kali ini, mereka belajar di rumah Ali.

Ketika sedang mengerjakan soal, Ali dan Amin meminta izin untuk melaksanakan ibadah karena waktunya telah tiba. Walaupun Rudi dan Heri berbeda agama, mereka mempersilakan Ali dan Amin melaksanakan ibadah. Rudi dan

Heri menunggu dengan tenang sampai Ali dan Amin selesai melaksanakan ibadah.
a. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Rudi dan Heri?
Sikap yang ditunjukan oleh Rudi dan Heri menunjukan sikap menghargai perbedaan agama dengan cara memberikan kesempatan teman-teman berbeda agama melakukan ibadah.

b. Apakah manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan?
Manfaat yang diperoleh dngn menghargai teman berbeda agama dengn kita salah satunya adalah kerukunan dapat terjaga selalu.

2. Nirma anak orang kaya. Ayahnya pengusaha yang sukses. Semua permintaan Nirma selalu dipenuhi orang tuanya. Hal ini membuat dia sombong. Dalam pergaulannya, dia selalu memilih-milih teman. Dia tidak mau bergaul dengan anak-anak lain yang berasal dari keluarga miskin.
a. Menurut pendapatmu, benarkah tindakan Nirma?
Menurut saya tindakan Nirma kurang tepat karena memilih-milih teman yang kaya saja. Seharusnya Nirma berteman dengan siapa pun, dengan latar belakang sosial yang berbeda sekalipun.

b. Apakah seorang anak seperti Nirma memiliki banyak teman? Mengapa demikian?
Seorang anak seperti Nirma kemungkinan hanya akan memiliki sedikit teman karena hanya berteman dengan yang kaya saja.

3. Rina siswa baru di kelas 5. Rina duduk bersebelahan dengan Irma. Rina berasal dari daerah yang berbeda dengan daerah asal Rina.

Bagaimana sebaiknya sikap Rina? Sebaiknya Rina tetap berteman dengan Irma walaupun berbeda asal daerah. Rina  sebaiknya mengajak Irma untuk bercerita dan bermain bersama.

----

Betapa kaya dan beragamnya bangsa Indonesia. Sungguh suatu keajaiban di mana sebuah bangsa yang sangat besar dan beragam ini bisa utuh dan bersatu.

Powered by Blogger.