Kata Baku dan Tidak Baku "Kegiatan Mengisi Kemerdekaan" (Halaman 158)



Kegiatan Mengisi Kemerdekaan

Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia didapatkan dengan cara yang tidak mudah dan tidak murah. Bertahun-tahun para pemimpin bangsa ini berupaya dengan berbagai macam cara untuk melepaskan diri dari penjajahan bangsa lain. Ribuan nyawa manusia juga telah melayang dalam upaya ini.

Kini, Indonesia telah merdeka dan berdaulat. Namun, banyak hal yang harus dilakukan untuk mengisinya dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia yang seutuhnya seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini. Generasi penerus bangsa harus mengupayakan agar pembangunan manusia seutuhnya ini dapat dilakukan terus-menerus dengan berbagai cara.

Cara-cara yang dapat dilakukan antara lain adalah mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Hal ini dapat dimulai dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar negara dan mengenal budaya bangsa sendiri. Rasa cinta tanah air dan bangsa dapat dipupuk dan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan sederhana, seperti mengunjungi berbagai daerah di Indonesia dan mengenal cara hidup dan nilai-nilai masyarakatnya.

Selain itu, kemerdekaan harus diisi dengan membangun kualitas manusia Indonesia. Para pemuda hendaknya dapat menggunakan masa kemerdekaan bangsa dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya dan berkarya untuk membangun negara sendiri. Berbagai ilmu dan teknologi hendaknya dikuasai untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dan untuk menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

----

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya. Perhatikan cara-cara menggunakan kamus


  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya pembangunan.
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pe”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pem”. Kata tebal akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.

Kosakata Baku
Arti
Kosakata Tidak Baku
Arti
Merdeka
Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri:
-
-
Generasi
Masa orang-orang satu angkatan hidup: 
-
-
Kualitas
Derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu:
Kwalitas
-
Teknologi
Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan
Tekhnologi
-
Sejahtera
Aman sentosa dan makmur; selamat (terlepas dari segala macam gangguan);
Sejahtra
-


Powered by Blogger.