Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam (Halaman 26)



Perkebunan Teh




Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam


Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melakukan berbagai usaha. Berbagai kegiatan dan jenis usaha yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis usaha di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.

Kita mengenal berbagai bentuk kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut usaha agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.

Umumnya, usaha persawahan dan perkebunan dilakukan di daerah perdesaan karena tanahnya masih luas. Namun, sekarang kita dapat melakukan usaha penanaman pada lahan sempit, misalnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal). Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra dapat menghasilkan
serat bahan baku kain sutra. 

peternakan ulat sutera

Kegiatan pertanian lainnya adalah perikanan. Usaha di bidang perikanan  dapat dilakukan di daerah pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada juga usaha perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan.


perikanan

Ada pula jenis usaha lain yang memanfaatkan secara langsung sumber daya alam. Jenis usaha ini disebut bidang usaha ekstraktif. Dalam bidang usaha ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang usaha ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.



pertambangan





Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. 

Buatlah laporan dengan contoh berikut:




Ternyata banyak sekali keragaman sosial di lingkunganku dari jenis-jenis usaha masyarakatnya. Ada yang mennam sayur di tanah pekarangan yang hasilnya untuk dimakan dan juga bisa di jual. Di sekitar lingkunganku juga ada yang memelihara hewan ternak untuk diambil daging dan susunya. Ada juga warga yang membuat tambak udang yang hasilnya bisa dikonsumsi atau juga bisa dijual. Ada juga yang menanam padi di sawah. Mereka menghasilkan beras yang jadi makanan pokok masyarakat sekitar. Selain itu ada juga yang menebang hutan untuk diambil kayunya sebagai bahan bangunan. Keragaman sosial di lingkunganku semakin membuat masyarakt semakin menghargai perbedaan yang ada.



Powered by Blogger.