Kata Kunci dan Hal Penting (Halaman 71)

Perpindahan Panas atau Kalor


Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas
dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.
 

Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer). Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari.
Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
 

Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang
disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan  pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.


-----

Hal-Hal Penting Pada Tiap Paragraf:

Paragra SatuApi kompor dapat memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang.
Paragraf DuaLetak matahari dari planet kita ini sangat jauh. Panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita merasakan hangatnya sinar matahari.
Paragraf TigaPanas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Pengertian dan contoh membuat kalimat dari kata-kata kunci.

ApiPanas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar; nyala: Ketika memasak sayuran sebaiknya menggunakan api yang tidak terlalu besar.
PanasEnergi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu bendaPanas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya.
BerpindahBeralih atau bertukar tempat;Panas dapat beroindah dari panci ke air yang ada dalam panci tersebut.
SuhuSuhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu bendaAir yang dipanaskan suhunya akan naik.
LogamLogam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas.Gamelan merupakan alat kesenian yang terbuat dari bahan logam
MendidihMenggelembung-gelembung atau meluap-luap karena dipanaskanAir yang akan digunakan untuk membuat kopi harus dimasak sampai mendidih.
PancaranPerpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantaraPanas dapat berpindah dengan cara radiasi atau pancaran.
Powered by Blogger.